RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 5
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat
dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar
selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena
akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil
belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia
untuk Anda dan selamat mencontohnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
1.
Meningkatkan
keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat Nya
B.
Kompetensi
Dasar :
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani
dan ma’nawiyah.
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dapat menyebutkan Sifat wajib
bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§ Dapat menjelaskan Sifat wajib
bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§ Dapat menjelaskan dan tujuan
Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§ Dapat menyimpulkan Sifat wajib
bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ percaya diri, Berorientasi tugas
dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan
kata-kata sendiri.
D.
Materi
Pembelajaran :
§ menjelaskan Sifat wajib bagi
Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§ pengertian Sifat wajib bagi Allah
SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§ tujuan Sifat wajib bagi Allah SWT
yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§ menyimpulkan Sifat wajib bagi
Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
E.
Metode
Pembelajaran :
§ Ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini
digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Sifat wajib bagi Allah SWT yang
nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah, macam-macam Sifat wajib bagi Allah
SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
§ Diskusi: Metode ini digunakan
untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan
hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang
ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø
Menanyakan kepada siswa tentang Sifat wajib bagi Allah SWT yang
nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
Ø
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø
Menyimpulkan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani
dan ma’nawiyah
v Kegiatan inti
Ø
Siswa Menelaah Berbagai Literatur Untuk Dapat Menyebutkan Dan
Menjelaskan Sifat-Sifat Wajib Bagi Allah SWT Dan Mengklasifikasikannya Sesuai
Dengan Sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah (eksplorasi)
Ø
Diskusi Berkelompok Tentang Sifat-Sifat Wajib Allah Yang Nafsiyah,
Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah. (Elaborasi)
Ø
Meminta Siswa Mengidentifikasi Sifat-Sifat Wajib Allah Yang Nafsiyah,
Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah.
Ø
Guru Dan Siswa Menyimpulkan Sifat-Sifat Wajib Allah Yang Nafsiyah,
Salbiyah, Ma’ani Dan Ma’nawiyah. (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø
Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø
Tanya jawab tentang Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah,
ma’ani dan ma’nawiyah dan tujuan Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah,
salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
Ø
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai
pengamalan
|
10
50
5
10
5
|
¨ Pemahaman Konsep
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
G. Sumber Pembelajaran
§ Al-Qur’an dan terjemahnya
§ Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§ LKS
§ Hasil kerja siswa
H.Assessment/
Penilaian
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
Ø
Menjelaskan pengertian sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
Ø
menghafal sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
Ø
Menunjukkan klasifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah,
ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø
Menunjukkan dalil tentang sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
|
Tes tulis
Tes Lisan
Tes Lisan
Tes tulis
|
Uraian
Tugas
Jawab singkat
Jawab singkat
|
Ø Jelaskan pengertian sifat-sifat wajib bagi Allah SWT
?
Ø Hafalkanlah sifat-sifat wajib bagi Allah
SWT.
Ø Jelaskan klasifikasi sifat-sifat wajib Allah yang
nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah ?
Ø Jelaskan dalil tentang
sifat-sifat wajib bagi Allah SWT ?
|