RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 12
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat
dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar
selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena
akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil
belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia
untuk Anda dan selamat mencontohnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
3. Menunjukkan akhlak terpuji kepada Allah
B.
Kompetensi
Dasar :
3.1.
Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam kehidupan
sehari-hari
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dapat menyebutkan Perilaku
Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§ Dapat menjelaskan Perilaku
Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§ Dapat menjelaskan dan tujuan
Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§ Dapat menyimpulkan Perilaku
Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ percaya diri, Berorientasi tugas
dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan
kata-kata sendiri.
D.
Materi
Pembelajaran :
§ menjelaskan Perilaku Ikhlas,
Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§ pengertian Perilaku Ikhlas, Taat,
Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§ tujuan Perilaku Ikhlas, Taat,
Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
§ menyimpulkan Perilaku Ikhlas,
Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
E.
Metode
Pembelajaran :
§ Ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini
digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan
Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari, dan macam-macam Akhlak terpuji pada Allah
(ikhlas, taat, khauf dan taubat)
§ Diskusi: Metode ini digunakan
untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan
hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang
ditanamkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø
Menanyakan kepada siswa tentang Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat
Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Ø
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø Menyimpulkan Perilaku Ikhlas,
Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
v
Kegiatan inti
Ø
Siswa Mempraktikkan perilaku terpuji (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
bersama teman-teman dan guru-gurunya di Madrasah.
Ø
Menanyakan kepada siswa tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat,
khauf dan taubat) (eksplorasi)
Ø
Diskusi kelompok tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf
dan taubat) (Elaborasi)
Ø
Meminta siswa mengidentifikasi perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat
dalam kehidupan sehari-hari
Ø
Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang Akhlak
terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat,
khauf dan taubat) (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
Ø
Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø
Tanya jawab tentang Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam
Kehidupan Sehari-Hari
Ø
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai
pengamalan
|
10
50
5
10
5
|
¨ Pemahaman Konsep
|
§ Cinta ilmu, gemar membaca,
kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
G. Sumber Pembelajaran
§ Al-Qur’an dan terjemahnya
§ Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§ LKS
§ Hasil kerja siswa
H.
Assessment/
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
Ø
Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan
keluarga.
Ø
Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan
Madrasah.
Ø
Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan
masyarakat.
|
Portofolio
Portofolio
Portofolio
|
Jawab singkat
Jawab singkat
Jawab singkat
|
Ø
Sebutkan contoh sikap ikhlas,
taat, khauf dan taubat dalam lingkungan keluarga. ?
Ø
Sebutkan contoh sikap ikhlas,
taat, khauf dan taubat dalam lingkungan Madrasah. ?
Ø Sebutkan contoh sikap ikhlas,
taat, khauf dan taubat dalam lingkungan masyarakat.?
|