RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 11
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat
dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar
selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena
akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil
belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia
untuk Anda dan selamat mencontohnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
3. Menunjukkan akhlak terpuji kepada Allah
B.
Kompetensi
Dasar :
3.1.
Menunjukkan nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam
fenomena kehidupan
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dapat menyebutkan Nilai-nilai
positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
§ Dapat menjelaskan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf
dan taubat
§ Dapat menjelaskan dan tujuan
Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
§ Dapat menyimpulkan Nilai-nilai
positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca,
kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ percaya diri, Berorientasi tugas
dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan
kata-kata sendiri.
D.
Materi
Pembelajaran :
§ menjelaskan Nilai-nilai positif
dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
§ pengertian Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf
dan taubat
§ tujuan Nilai-nilai positif dari
ikhlas, taat, khauf dan taubat
§ menyimpulkan Nilai-nilai positif
dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
E.
Metode
Pembelajaran :
§ Ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini
digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas,
taat, khauf dan taubat
§ Diskusi: Metode ini digunakan
untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan
hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang
ditanamkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø
Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat,
khauf dan taubat
Ø
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø
Menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
v
Kegiatan inti
Ø
Siswa Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif
dari ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan (eksplorasi)
Ø
Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat,
Ø
khauf dan taubat
Ø
Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf
dan taubat (Elaborasi)
Ø
Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang Nilai-nilai
positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø
Meminta siswa mengidentifikasi Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat,
khauf dan taubat
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf
dan taubat (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
Ø
Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø
Tanya jawab tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan
taubat
Ø
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai
pengamalan
|
10
50
5
10
5
|
¨ Pemahaman Konsep
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
G. Sumber Pembelajaran
§ Al-Qur’an dan terjemahnya
§ Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§ LKS
§ Hasil kerja siswa
H.
Assessment/
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
Ø
Menyebutkan nilai-nilai positif dari ikhlas dalam fenomena kehidupan
Ø
Menyebutkan nilai-nilai positif dari taat dalam fenomena kehidupan
Ø
Menyebutkan nilai-nilai positif dari khauf dalam fenomena kehidupan
Ø
Menyebutkan nilai-nilai positif dari taubat dalam fenomena kehidupan
|
Tes Lisan
|
Jawab singkat
|
Ø
Sebutkan nilai-nilai positif dari ikhlas dalam fenomena kehidupan?
Ø
Sebutkan nilai-nilai positif dari
taat dalam fenomena kehidupan ?
Ø
Sebutkan nilai-nilai positif dari khauf dalam fenomena kehidupan ?
Ø
Sebutkan nilai-nilai positif dari taubat dalam fenomena kehidupan ?
|