RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 3
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat
dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar
selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena
akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil
belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia
untuk Anda dan selamat mencontohnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
1.
Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
B.
Kompetensi
Dasar :
1.1.
Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dapat menyebutkan Hubungan Iman,
Islam dan Ihsan
§ Dapat menjelaskan Hubungan Iman,
Islam dan Ihsan
§ Dapat menjelaskan dan tujuan
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
§ Dapat menyimpulkan Hubungan Iman,
Islam dan Ihsan
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ percaya diri, Berorientasi tugas
dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan
kata-kata sendiri.
D.
Materi
Pembelajaran :
§ menjelaskan Hubungan Iman, Islam
dan Ihsan
§ pengertian Hubungan Iman, Islam
dan Ihsan
§ tujuan Hubungan Iman, Islam dan
Ihsan
§ menyimpulkan Hubungan Iman, Islam
dan Ihsan
E.
Metode
Pembelajaran :
§ Ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini
digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Hubungan Iman, Islam dan Ihsan,
macam-macam Hubungan Iman, Islam dan Ihsan,
§ Diskusi: Metode ini digunakan
untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan
hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø
Menanyakan kepada siswa tentang Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
Ø
Siswa Bertanya jawab tentang pengertian
iman, Islam, dan Ihsan
Ø
Siswa Menggambarkan diagram
hubungan iman, Islam, dan ihsan
(eksplorasi)
Ø
Siswa Menjelaskan dengan kalimat hubungan iman, Islam, dan ihsan
Ø
Siswa Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan
pengertian, perbedaan dan hubungan Iman, Islam dan Ihsan (Elaborasi)
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan pengertian, dasar, dan tujuan akidah (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø
Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø
Tanya jawab tentang Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
Ø
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai
pengamalan
|
10
50
5
10
5
|
¨ Pemahaman Konsep
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
G. Sumber Pembelajaran
§ Al-Qur’an surat Al-Baqarah
ayat kursi dan terjemahnya
§ Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§ LKS
§ Hasil kerja siswa
H.
Assessment/
Penilaian
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
Ø
Menjelaskan pengertian Iman, Islam dan Ihsan
Ø
Menjelaskan perbedaan antara Iman, Islam dan Ihsan
Ø
Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Jawab singkat
Uraian
|
Ø Jelaskan pengertian Iman, Islam dan Ihsan?
Ø
Sebutkan perbedaan antara Iman,
Islam dan Ihsan ?
Ø Jelaskan hubungan Iman, Islam
dan Ihsan?
|