RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 4
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat
dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar
selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena
akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil
belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia
untuk Anda dan selamat mencontohnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
1.
Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
B.
Kompetensi
Dasar :
1.1.Menunjukkan dalil tentang Iman,
Islam dan Ihsan
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dapat menyebutkan Dalil tentang
Iman, Islam dan Ihsan
§ Dapat menjelaskan Dalil tentang
Iman, Islam dan Ihsan
§ Dapat menjelaskan dan tujuan
Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
§ Dapat menyimpulkan Dalil tentang
Iman, Islam dan Ihsan
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ percaya diri, Berorientasi tugas
dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan
kata-kata sendiri.
D.
Materi
Pembelajaran :
§ menjelaskan Dalil tentang Iman,
Islam dan Ihsan
§ pengertian Dalil tentang Iman,
Islam dan Ihsan
§ tujuan Dalil tentang Iman, Islam
dan Ihsan
§ menyimpulkan Dalil tentang Iman,
Islam dan Ihsan
E.
Metode
Pembelajaran :
§ Ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini
digunakan untuk mengumpulkan informasi Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan,
macam-macam Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan,
§ Diskusi: Metode ini digunakan
untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan
hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø
Menanyakan kepada siswa tentang Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø Menyimpulkan Dalil tentang
Iman, Islam dan Ihsan
v Kegiatan inti
Ø
Menanyakan kepada siswa tentang iman, Islam, dan Ihsan (eksplorasi)
Ø
Diskusi kelompok tentang ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan
tentang iman, Islam, dan Ihsan (siswa dibagi 3 kelompok) (Elaborasi)
Ø
Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang ayat-ayat
Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
Ø
Meminta siswa untuk menghafal ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang
iman, Islam, dan ihsan
Ø
Meminta siswa mengidentifikasi nama-nama surat dalam al-Qur’an yang
menjelaskan tentang sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah SWT.
Ø
Memberikan penguatan tentang dalil iman, Islam, dan ihsan
Ø
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
Ø
menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Iman, Islam dan Ihsan (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø
Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø
Tanya jawab soal Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan dan tujuan Dalil
tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai
pengamalan
|
10
50
5
10
5
|
¨ Pemahaman Konsep
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
G.
Sumber
Pembelajaran
§ Al-Qur’an surat Al-Baqarah
ayat kursi dan terjemahnya
§ Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§ LKS
H.
Assessment/
Penilaian
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
Ø
Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Iman
Ø
Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Islam
Ø
Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Ihsan
Ø
Dapat membaca ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman,
Islam, dan ihsan
Ø
Dapat menguraikan ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang
iman, Islam, dan ihsan.
Ø
Hafal ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam,
dan ihsan.
Ø
Dapat menyebutkan surat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman,
Islam, dan ihsan
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes Lisan
Tes tulis
Penugasan
Tes Lisan
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Tugas
Jawab singkat
|
Ø Jelaskan dalil yang berkaitan dengan Iman?
Ø Jelaskan dalil yang berkaitan dengan Islam?
Ø Jelaskan dalil yang berkaitan dengan Ihsan?
Ø Bacakanlah ayat-ayat dalam
Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan?
Ø Simpulkanlah ayat-ayat dalam
Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan. ?
Ø Hafalkanlah ayat-ayat dalam
Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.?
Ø Sebutkan surat dalam Al-Qur’an
yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan?
|