RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
1.
Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
B.
Kompetensi
Dasar :
1.1.Menjelaskan dasar dan tujuan
akidah Islam.
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dapat menyebutkan dasar–dasar
akidah Islam
§ Dapat menjelaskan pengertian
akidah Islam
§ Dapat menjelaskan tujuan akidah
Islam
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ percaya diri, Berorientasi tugas
dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan
kata-kata sendiri.
D.
Materi
Pembelajaran :
§ Dasar–dasar akidah Islam
§ Pengertian akidah Islam
§ Tujuan akidah Islam
E.
Metode
Pembelajaran :
§ Ceramah : metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok : kegiatan ini
digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian najis, macam-macam
najis, membuat bagian najis
§ Diskusi : metode ini digunakan
untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran & Shopping : pajangan
hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang
ditanamkan
|
A.
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang
akidah Islam
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran
dan manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan
kalimat acak tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (eksplorasi)
§ Siswa membaca berbagai sumber tentang dasar dan tujuan
aqidah akhlak (Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil
pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang pengertian, dasar, dan
tujuan akidah Islam (Elaborasi)
§ Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal
yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan
tentang kesimpulan pengertian, dasar
dan tujuan akidah Islam (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian
lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
v Pemahaman Konsep
|
§ Religius Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
G.
Sumber
Pembelajaran
§ Al-Qur’an surat Al-Baqarah
ayat kursi dan terjemahnya
§ Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII
H.
Assessment/
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
§ Cinta ilmu, gemar membaca,
kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
§ Siswa dapat menye-butkan dasar–dasar akidah Islam
§ Siswa dapat menjelaskan
pengertian akidah Islam
§ Siswa dapat menjelaskan tujuan
akidah Islam
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes Tulis
|
Jawab singkat
Uraian
Uraian
|
Ø Sebutkan dasar–dasar akidah
Islam ?
Ø Jelaskan pengertian akidah Islam ?
Ø Jelaskan tujuan akidah Islam ?
|
Kunci
Jawaban :
1. Yang menjadi dasar aqidah Islam
adalah Al-Qur’an dan Hadits
2. Aqidah Islam adalah pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini
kebenarannya oleh setiapmuslim dan memiliki prinsif-prinsif dasar yang harus
dipegang teguh oleh penganutnya
3. Adapun tujuan mempelajari aqidah
Islam adalah
-
Menumbuhkan
dan membina dasar-dasar ketuhanan yang terdapat dalam jiwa manusia sejak lahir
-
Meluruskan akidah-akidah yang telah diselewengkan
-
Menghindarkan manusia dari kemusyrikan
-
Membimbing
akal pikiran agar tidak tersesa
PEDOMAN PENYEKORAN
Skor nomor 1 =
1 x 20 = 20
Skor nomor 2 dan 3 =
2 x 40 = 80
Total skor =
100
Nilai = Jumlah Perolehan Skor : Total skor x 100