RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 7
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat
dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar
selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena
akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil
belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia
untuk Anda dan selamat mencontohnya!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah/Madrasah : Sekolah
Mata
Pelajaran : Aqidah
Akhlak
Kelas/Smt : Sepuluh (X) / Ganjil
Materi Pokok : 1. Adab kepada orang tua dan guru
2. Simulasi
adab kepada orang tua dan guru
Alokasi
Waktu : 2x45 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1
: menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai.
Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3: memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI-4: mengolah ,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan
mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.7.
Menghayatiadab kepada orang
tua dan guru
2.7. Terbiasaberakhlak terpuji kepada orang tua dan guru
dalam kehidupan sehari-hari
3.7.
Memahami adab kepada orang tua dan guru
4.7.
Mensimulasikam adab kepada orang tua dan guru
C. Indikator Pembelajaran
1. Siswa dapat Menjelaskan adab terpuji terhadap orang tua
2. Siswa dapat Menjelaskan adab terpuji terhadap orang guru
3. Siswa dapat Menunjukkan adab
yang baik terhadap orang tua
4. Siswa dapat Menunjukkan adab
yang baik terhadap guru
5. Siswa dapat Menjelaskan
manfaat adab terpuji terhadap orang tua
6. Siswa dapat Menjelaskan
manfaat adab terpuji terhadap guru
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui melihat tayangan film tentang adab terpuji
terhadap orang tua dan guru peserta didik dapat menunjukkan adab yang baik terhadap orang tua dan guru
2. Melalui pemberian
pertanyaan peserta didik dapat menjelaskan adab terpuji terhadap orang tua dan
guru
3. Melalui pemberian
pertanyaan peserta didik dapat menjelaskan manfaat adab terpuji terhadap orang
tua dan guru
4. Mengeksplorasi
melihat tayangan film tentang adab terpuji terhadap orang tua dan guru peserta
didik dapat menunjukkan adab yang baik
terhadap orang tua dan guru
5. mengasosiasi
melihat tayangan film tentang adab terpuji terhadap orang tua dan guru peserta
didik dapat menunjukkan adab yang baik
terhadap orang tua dan guru
6. mengkomunikasikan, peserta didik dapat menjelaskan adab terpuji terhadap orang tua
dan guru, menunjukkan adab yang baik terhadap orang tua dan
guru, menjelaskan manfaat adab terpuji terhadap orang tua dan guru
E. Materi
Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.
Fakta
Perilaku
terpuji adab terhadap rang tua dan guru
2.
Konsep
Perilaku adab terpuji
dengan orang tua dan guru
1. ADAB TERHADAP ORANG TUA
Ada beberapa hal yang ditegaskan
oleh Allah Swt.. dalam ayat ini, yaitu:
1.
Agar manusia tidak menyembah atau beribadah
kepada tuhan selain Allah Swt.. Termasuk
larangan mempercayai ada kekuatan lain yang mempengaruhi dan menguasai jiwa dan
raga selain yang datang dari Allah Swt..
2.
Agar manusia berbuat baik (ihsan) kepada ibu
dan bapak. Perintah berbuat baik kepada orang tua disampaikan oleh Allah bersamaan atau sesudah perintah
beribadah hanya kepada Allah. Hal ini
tentu mengandung maksud agar manusia mengerti dan menyadari bahwa betapa
pentingnya berbuat baik terhadap kedua orang tua.
3.
Nikmat
yang diterima oleh manusia paling banyak datangnya dari Allah Swt.. kemudian nikmat yang diterima
dari orang tua. Oleh karena itu kewajiban anak adalah berterima kasih
kepada orang tua. Bentuk
terima kasih tersebut adalah dengan cara berbuat baik kepada beliau berdua.
4. Apabila salah
seorang diantara kedua Bapak ibu atau kedua-duanya telah berumur lanjut
sehingga mengalami kelemahan jasmani sehingga tidak bisa lagi mencari nafkah,
mereka harus hidup bersama anak-anaknya agar mendapatkan nafkah dan perhatian. Oleh karena itu anak wajib memperlakukan mereka dengan sebaik-baiknya.
Bahkan secara khusus dalam ayat tersebut menegaskan anak tidak boleh berkata
kasar seperti berkata “ ah” dan sejenisnya serta tidak boleh membentaknya.
2. ADAB TERHADAP GURU
Berikut yang termasuk tata krama menghargai dan menghormati guru ialah
sebagai berikut:
1.
Jika bertemu dengan guru ucapkanlah salam
2.
Perhatikan ketika guru sedang memberi pelajaran
3.
Tunjukkan rasa rendah hati dan hormat
serta sopan santun
4.
Mentaati perintahnya selama perintah itu tidak bertentangan dengan ajaran agama
5.
Senantiasa menjaga nama baik guru, tidak menceritakan aib dan kesalahan guru.
6.
Mengunjungi guru jika ia sedang sakit atau mendapat
musibah.
7.
Tetap mengakuinya sebagai guru walaupun sudah tidak
mengajar lagi.
8.
Patuh terhadap
tata tertib sekolah berarti pula patuh terhadap guru dan sebagainya
3.
Prinsip
·
adab terpuji terhadap orang tua
·
Adab
terpuji terhadap siswa
·
Menunjukkan adab yang baik terhadap orang tua
·
Menunjukkan adab yang baik terhadap orang
·
manfaat adab terpuji terhadap orang tua
·
manfaat adab terpuji terhadap guru
F.
Metode
Pembelajaran
1. Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang siswa menjadi moderator, seorang menjadi
notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan
didepan kelas.
2. Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan
materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama
teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk
menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3. Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh
siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang tujuan dan
fungsi al-Qur’an diturunkan, kemudian mesume dan memberikan komentar
seperlunya.
G.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
a.
Media
Video
b.
Alat
Laptop,
LCD Proyektor, Slide
c.
Sumber
Belajar/Bahan Ajar
Buku Ajar siswa Akidah Akhlak
Kelas X
Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
H.
Kegiatan Pembelajaran/Langkah-langkah Pembelajaran/Skenario
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1)
Mengajak
semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
|
||
2)
Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan
tentang kehadiran siswa
serta kebersihan kelas
|
||
3)
Guru
mengajak siswa tadarrus ayat-ayat yang berhungan dengan adab terpuji terhadap orang
tua dan guru
|
||
4)
Guru
menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari
|
||
5)
Guru
mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
|
||
Kegiatan Inti
|
65’
|
|
1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi enam kelompok dan membagikan 6
materi Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati video sesuai dengan tema
yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
|
||
2)
Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada kelompok lain , terkait
dengan video ataupun materi pembelajaran.
|
||
3)
Mengeksplorasi/mengumpulkan
data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di
buku lain atau internet dan mendiskusikan
isi materi yang sudah didapatkan
|
||
4)
Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta
untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan
dengan kehidupan sehari-hari dan menyimpulkanya
|
||
5)
Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah
diperbaiki di papan pajangan
|
||
Kegiatan Menutup
|
15’
|
|
1)
Siswa
menyimpulkan hasil pembelajaran
|
||
2)
Guru
memberikan penguatan materi ajar
|
||
3)
Guru
memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “metode
peningkatan kualitas akidah”
|
||
4)
Guru
bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
|
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut
:
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam dan jabat tangan pada guru
|
||||
4
|
Memperhatikan dalam proses
belajar
|
||||
5
|
Menjalankan sholat jam’ah di sekolah
|
||||
Jumlah Skor
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik :………………….
Kelas :………………….
Materi Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
berilah tanda cek
(√)sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya memberi salam dan berjabat tangan pada orang
tua padawaktu berangkat dan pulang dari sekolah
|
||||
2
|
Saya memberi salam dan berjabat tangan ketika
bertemu guru sekolah
|
||||
3
|
Saya memberi salam dan berjabat tangan ketika
bertemu teman
|
||||
4
|
Saya mengerjakan tugas yang diberi oleh orang tua
|
||||
5
|
Saya mengerjakan tugas yang diberi oleh guru
|
Keterangan :
•
SL = Selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan yang
diberikan
•
SR = Sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
•
KD = Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan sesuai pernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berbuat baik terhadap teman
|
||||
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa
buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh : Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
|
24 Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor <
1.33
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
Instrumen Penilaian
Kegiatan 1 (mengacu ke IPK 1 = C1)
1. Jelaskan adab terpuji terhadap
orang guru !
2. Jelaskan adab terpuji terhadap
orang tua !
3. Sebutkan contoh adab yang baik
terhadap orang tua !
4. Sebutkan contoh adab adab yang
baik terhadap orang tua !
5. Sebutkan Manfaat adab terpuji terhadap orang tua !
6.
Sebutkan Manfaat adab terpuji terhadap guru !
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas:
............................
Nama:
............................
Topik:
..........................
No
|
Materi Yang Harus Dikuasai
|
Aspek Penilaian
|
Catatan
|
|||
Lancar
|
Fasih
|
Intonasi
|
Ekpresi
|
|||
1
|
Menghafal
Ayat Adab terpuji pada orang tua
|
|||||
2
|
Menghafal
Ayat Adab terpuji pada guru
|
|||||
3
|
Berjamaah
sholat di sekolah
|
|||||
4
|
Menghafal Hadits larangan berani pada orang tua
|
|||||
5
|
Menghafal doa
sujud syukur
|
|||||
Jumlah Nilai
|
Pedoman penskoran :
•
5
= sangat baik
•
4
= baik
•
3
= cukup
•
2
= kurang