RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 7



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah/Madrasah       : Sekolah
Mata Pelajaran                        : Aqidah Akhlak
Kelas/Smt                               :  Sepuluh (X) / Ganjil
Materi Pokok                          : 1. Adab kepada orang tua dan guru
                                                  2. Simulasi adab kepada orang tua dan guru
Alokasi Waktu                        : 2x45 Menit


A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1 :  menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai. Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3:  memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena   kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4:  mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar
1.7. Menghayatiadab kepada orang tua dan guru
2.7. Terbiasaberakhlak terpuji kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
3.7. Memahami adab kepada orang tua dan guru
4.7. Mensimulasikam adab kepada orang tua dan guru

C. Indikator Pembelajaran

1.     Siswa dapat Menjelaskan adab terpuji terhadap orang tua
2.     Siswa dapat Menjelaskan adab terpuji terhadap orang guru
3.     Siswa dapat Menunjukkan adab yang baik terhadap orang tua
4.     Siswa dapat Menunjukkan adab yang baik terhadap guru
5.     Siswa dapat Menjelaskan manfaat adab terpuji terhadap orang tua
6.     Siswa dapat Menjelaskan manfaat adab terpuji terhadap guru

D. Tujuan Pembelajaran
1.     Melalui  melihat tayangan film tentang adab terpuji terhadap orang tua dan guru peserta didik dapat menunjukkan adab yang baik terhadap orang tua dan guru
2.     Melalui pemberian pertanyaan peserta didik dapat menjelaskan adab terpuji terhadap orang tua dan guru
3.     Melalui pemberian pertanyaan peserta didik dapat menjelaskan manfaat adab terpuji terhadap orang tua dan guru
4.     Mengeksplorasi melihat tayangan film tentang adab terpuji terhadap orang tua dan guru peserta didik dapat menunjukkan adab yang baik terhadap orang tua dan guru
5.     mengasosiasi melihat tayangan film tentang adab terpuji terhadap orang tua dan guru peserta didik dapat menunjukkan adab yang baik terhadap orang tua dan guru
6.      mengkomunikasikan, peserta didik dapat menjelaskan adab terpuji terhadap orang tua dan guru, menunjukkan adab yang baik terhadap orang tua dan guru, menjelaskan manfaat adab terpuji terhadap orang tua dan guru

E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.     Fakta
Perilaku terpuji  adab terhadap rang tua dan guru
2.     Konsep
Perilaku adab terpuji dengan orang tua dan guru
1.       ADAB TERHADAP ORANG TUA
Ada beberapa hal yang ditegaskan oleh  Allah Swt.. dalam ayat ini, yaitu:
1.    Agar manusia tidak menyembah atau beribadah kepada tuhan selain  Allah Swt.. Termasuk larangan mempercayai ada kekuatan lain yang mempengaruhi dan menguasai jiwa dan raga selain yang datang dari  Allah Swt..
2.      Agar manusia berbuat baik (ihsan) kepada ibu dan bapak. Perintah berbuat baik kepada orang tua disampaikan oleh   Allah bersamaan atau sesudah perintah beribadah hanya kepada  Allah. Hal ini tentu mengandung maksud agar manusia mengerti dan menyadari bahwa betapa pentingnya berbuat baik terhadap kedua orang tua.
3.   Nikmat yang diterima oleh manusia paling banyak datangnya dari  Allah Swt.. kemudian nikmat yang diterima dari orang tua. Oleh karena itu kewajiban anak adalah berterima kasih kepada orang tua. Bentuk terima kasih tersebut adalah dengan cara berbuat baik kepada beliau berdua.
4.   Apabila salah seorang diantara kedua Bapak ibu atau kedua-duanya telah berumur lanjut sehingga mengalami kelemahan jasmani sehingga tidak bisa lagi mencari nafkah, mereka harus hidup bersama anak-anaknya agar mendapatkan nafkah dan perhatian. Oleh karena itu anak wajib memperlakukan mereka dengan sebaik-baiknya. Bahkan secara khusus dalam ayat tersebut menegaskan anak tidak boleh berkata kasar seperti berkata “ ah” dan sejenisnya serta tidak boleh membentaknya.

   2. ADAB TERHADAP GURU
      Berikut yang termasuk tata krama menghargai dan menghormati guru ialah sebagai berikut:
1. Jika bertemu dengan guru ucapkanlah salam
2. Perhatikan ketika guru sedang memberi pelajaran
3. Tunjukkan rasa rendah hati dan hormat serta sopan santun
4. Mentaati perintahnya selama perintah itu tidak bertentangan dengan ajaran agama
5. Senantiasa menjaga nama baik guru, tidak menceritakan aib dan kesalahan guru.
6. Mengunjungi guru jika ia sedang sakit atau mendapat musibah.
7. Tetap mengakuinya sebagai guru walaupun sudah tidak mengajar lagi.
8.  Patuh terhadap tata tertib sekolah berarti pula patuh terhadap guru dan sebagainya

3.     Prinsip
·       adab terpuji terhadap orang tua
·       Adab terpuji terhadap siswa
·       Menunjukkan adab yang baik terhadap orang tua 
·       Menunjukkan adab yang baik terhadap orang 
·       manfaat adab terpuji terhadap orang tua
·       manfaat adab terpuji terhadap guru

F.   Metode Pembelajaran
1.     Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.     Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.     Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang tujuan dan fungsi al-Qur’an diturunkan, kemudian mesume dan memberikan komentar seperlunya.

G. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
a.      Media
Video
b.     Alat
Laptop, LCD Proyektor, Slide
c.      Sumber Belajar/Bahan Ajar
  Buku Ajar siswa Akidah Akhlak Kelas X
  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya

H. Kegiatan Pembelajaran/Langkah-langkah Pembelajaran/Skenario

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’

1)     Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa

2)     Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas

3)     Guru mengajak siswa tadarrus ayat-ayat yang berhungan dengan adab terpuji terhadap orang tua dan guru

4)     Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari

5)     Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’

1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi enam kelompok dan membagikan 6 materi Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati video sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan


2)     Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada kelompok  lain , terkait dengan video ataupun materi pembelajaran.


3)  Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan isi materi yang sudah didapatkan


4)  Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan menyimpulkanya


5)  Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan

Kegiatan Menutup
15’

1)     Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran


2)      Guru memberikan penguatan materi ajar


3)      Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “metode peningkatan kualitas akidah”


4)      Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis




PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan  : …………………..
Materi Pokok              : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Nilai
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam dan jabat tangan pada guru




4
Memperhatikan dalam proses belajar




5
Menjalankan sholat jam’ah  di sekolah




Jumlah Skor





LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR

Nama Peserta Didik    :………………….
Kelas                           :………………….
Materi Pokok              :………………….
Tanggal                       :………………….
PETUNJUK
        Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
        berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya  memberi salam dan berjabat tangan pada orang tua padawaktu berangkat dan pulang dari sekolah




2
Saya  memberi salam dan berjabat tangan ketika bertemu guru   sekolah




3
Saya  memberi salam dan berjabat tangan ketika bertemu teman




4
Saya mengerjakan tugas yang diberi oleh orang tua




5
Saya mengerjakan tugas yang diberi oleh guru




Keterangan :
      SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  yang diberikan
      SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
      KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
      TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan

Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)


Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik yang dinilai       : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                          : …………………..
Materi Pokok                                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berbuat baik terhadap teman




2
Mengumpulkan tugas tepat waktu




3
Memakai seragam sesuai tata tertib




4
Mengerjakan tugas yang diberikan




5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran




6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran




Jumlah Skor




Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



Contoh :  Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
X 4 = 3.33
 
14
24                                Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33

LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
Instrumen Penilaian Kegiatan 1 (mengacu ke IPK 1 = C1)
1.   Jelaskan adab terpuji terhadap orang  guru !
2.   Jelaskan adab terpuji terhadap orang tua !
3.   Sebutkan contoh  adab yang baik terhadap orang tua ! 
4.   Sebutkan contoh  adab adab yang baik terhadap orang tua ! 
5.   Sebutkan Manfaat adab terpuji terhadap orang tua !
6. Sebutkan Manfaat adab terpuji terhadap guru !
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)

Kelas: ............................
Nama: ............................
Topik: ..........................

No

Materi Yang Harus Dikuasai
Aspek Penilaian
Catatan
Lancar
Fasih
Intonasi
Ekpresi

1
Menghafal Ayat Adab terpuji pada orang tua





2
 Menghafal Ayat Adab terpuji pada guru





3
Berjamaah sholat di sekolah





4
Menghafal Hadits larangan berani pada orang tua





5
Menghafal doa sujud syukur





Jumlah Nilai





Pedoman penskoran :
        5 = sangat baik                       
        4 = baik
        3 = cukup
        2 = kurang

Postingan populer dari blog ini

RPP Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013 Kelas VIII Lengkap dan Rapi

RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 5