RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat
dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar
selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena
akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil
belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia
untuk Anda dan selamat mencontohnya!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah/Madrasah : Sekolah
Mata
Pelajaran : Akidah Ahklak
Kelas/Smt : Sepuluh (X) / Ganjil
Materi
Pokok : Ayo bertauhid
Alokasi
Waktu : 2x45 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1
: menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai.
Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3: memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena kejadian memecahan serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4: mengolah ,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan
mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.2. Terbiasa
bertauhid dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Terbiasa bertauhid dalam kehidupan sehari-hari
3.2. Menganalisi konsep
tauhiid dalam Islam
4.2. menunjukkan contoh perilaku bertauhid dalam Islam
C. Indikator Pembelajaran
1. Siswa dapat
menjelaskan pengertian tauhid
2. Siswa dapat
menyebutkan nama-nama ilmu tauhid
3. Siswa dapat
istilah-istilah yang terkait dengan tauhid
4. Siswa dapat
menyebutkan dalil yang berhubungan dengan tauhid
5. Siswa dapat
menunjukkan perilaku orang yang bertauhid
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah
mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, siswa dapat
merumuskan pengertian akidah, menyebutkan nama-nama ilmu tauhid,
menyebutkan istilah-istilah yang terkait dengan tauhid.
2.
Setelah
mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, siswa dapat menyebutkan
dalil yang berhubungan dengan tauhid, menunjukkan perilaku orang yang
bertauhit.
E. Materi
Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.
Pengertian tauhid
Menurut bahasa
kata tauhid berasal dari bahasa Arab tawhid
bentuk masdar (infinitif) dari kata wahhada, yang artinya al-i’tiqaadu biwahdaniyyatillah (keyakinan atas keesaan Allah). Sedangkan pengertian secara istilah
tauhid ialah meyakini bahwa Allah Swt. itu Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya.
Kesaksian ini dirumuskan dalam kalimat syahadat. Laa ilaha illa Allah (tidak
ada Tuhan selain Allah).
2. Nama-Nama Ilmu Tauhid
Ilmu tauhid memiliki beberapa sebutan
lain seperti berikut: Ilmu Usuluddin, Ilmu Aqoid dan Ilmu kalam serta tauhit
ilahiyah.
3. Ruang lingkup tauhid
Pokok-pokok pembahasan yang menjadi
ruang lingkup ilmu tauhid meliputi tiga hal sebagai berikut:
a.
Ma’rifat al-mabda’ yaitu mempercayai dengan penuh keyakinan tentang
pencipta alam Allah Swt. Hal ini sering diartikan dengan wujud yang sempurna, wujud mutlak
atau wajibul wujud.
b. Ma’rifat
al-watsiqah yaitu mempercayai dengan penuh
keyakinan tentang para utusan Allah Swt. yang menjadi utusan dan perantara
Allah Swt. dengan umat manusia untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya, tentang
kitab-kitab Allah yang dibawa oleh para
utusan-Nya dan tentang para malaikat-Nya.
c. Ma’rifat
al-ma’ad yaitu mempercayai dengan penuh
keyakinan akan adanya kehidupan abadi setelah mati di alam akhirat dengan
segala hal ihwal yang ada di dalamnya.
4. Dalil yang berkaitan dengan tauhid antara lain : QS.Al
Mu`minun /23 ayat 14, Qs.Al An`am/6 ayat 100, Qs. Ali Imron/3 ayat 26, Qs. Al
Mu`min/40 ayat 65
5. Hikmah dan manfaat bertauhid
a. Tauhit yang kuat akan menumbuhkan sikap kesungguhan
b. Orang yang bertauhid jika suatu saat dikaruniai harta,
maka ia akan bersyukur dan menggunakan hartanya itu di jalan Allah
c. Dengan bertauhid akan mendidik akal manusia supaya
berpandangan luas dan mau mengadakan penelitian tentang alam
d. Orang yang bertuahid akan merendahkan diri
e. Dengan
mentauhidkan Allah, kita akan menjauhkan
diri dari angan-angan yang kosong
f. Dengan
bertauhid yang benar, kita akan diliputi ketenangan dan pengharapan
g. Orang yang menjaga tauhid-nya akan menjamin seseorang
akan masuk surga
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan
Pembelajaran)
1. Diskusi,membagi siswa
dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang
siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi
juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan
didepan kelas.
2. Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap
bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi
mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya
didepan kelas.
3. Resitasi: guru
memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mencari ayat-ayat yang
relevan dengan tauhit
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
2.
Alat/Bahan
-
Laptop,
LCD Proyektor, Slide
3.
Sumber
Belajar
-
Buku
Ajar siswa Akidah Akhlak Kelas X
-
Departemen
Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
-
Modul
hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1)
Mengajak
semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
|
||
2)
Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan
tentang kehadiran siswa
serta kebersihan kelas
|
||
3)
Guru
mengajak siswa tadarrus
bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan
|
||
4)
Guru
menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari
|
||
5)
Guru
mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
|
||
Kegiatan Inti
|
65’
|
|
1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi empat
kelompok untuk mencari ayat-ayat Al Qur`an yang berkaitan dengan tauhid. Guru
mempersilahkan siswa untuk mencermati
ayat yang sesuai dengan tema yang ditentukan dengan
tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
|
||
2)
Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain
atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan ayat ataupun materi
pembelajaran.
|
||
3)
Mengeksplorasi/mengumpulkan
data/mengeksperimen
Masing-masing
kelompok membaca materi
atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan isi materi
yang sudah didapatkan
|
||
4)
Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta
untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan
dengan kehidupan sehari-hari dan
menyimpulkanya
|
||
5)
Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah
diperbaiki di papan pajangan
|
||
Kegiatan Menutup
|
15’
|
|
1)
Siswa
menyimpulkan hasil pembelajaran
|
||
2)
Guru
memberikan penguatan materi ajar
|
||
3)
Guru
memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar
|
||
4)
Guru
bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
|
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut
:
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam sebelum dan
sesudah presentasi
|
||||
4
|
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar
|
||||
Jumlah Skor
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik :………………….
Kelas :………………….
Materi Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
berilah tanda cek
(√)sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan
sumbernya
|
||||
3
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan
barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat
jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL = Selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan yang
diberikan
•
SR = Sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
•
KD = Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan sesuai pernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa
buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh : Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
|
24 Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor <
1.33
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas:
............................
Nama:
............................
Topik:
..........................
No
|
Materi Yang Harus Dikuasai
|
Aspek Penilaian
|
Catatan
|
|||
Lancar
|
Fasih
|
Intonasi
|
Ekpresi
|
|||
1
|
Menghafal
salah satu ayat yang relevan dengan tauhit
|
|||||
2
|
Menghafal Doa Sujud
Syukur
|
|||||
3
|
Menghafal Doa Syukur Nikmat
|
|||||
4
|
Menghafal ayat tentang
macam-macam tauhit
|
|||||
5
|
Melafalkan Kalimat Tauhid
|
|||||
Jumlah Nilai
|
Pedoman penskoran :
•
5
= sangat baik
•
4
= baik
•
3
= cukup
•
2
= kurang