RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 9

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya.  
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Madrasah                     :  MTsN
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester           : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit


A.    Standar Kompetensi   :  
3.   Menunjukkan akhlak terpuji kepada Allah     
                            
B.    Kompetensi Dasar      :
3.1.    Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat

C.    Tujuan Pembelajaran   :
§  Dapat menyebutkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
§  Dapat menjelaskan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
§  Dapat menjelaskan dan tujuan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
§  Dapat menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.    Materi Pembelajaran    :
§  menjelaskan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
§  pengertian Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
§  tujuan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
§  menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)

E.    Metode Pembelajaran :
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat), dan macam-macam Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø  Menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
v Kegiatan inti
Ø  Siswa Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat. (eksplorasi)
Ø  Siswa Bertanya jawab tentang pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Siswa secara berkelompok  Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat (Elaborasi)
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat) (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø  Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø  Tanya jawab tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
Ø  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

10











50
















5

10
5

¨       Pemahaman Konsep










§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama


G.   Sumber Pembelajaran
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§  LKS
§  Hasil kerja siswa


H.   Assessment/ Penilaian

Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§ Religius, Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

Ø  Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas.
Ø  Menjelaskan pengertian dan pentingnya taat.
Ø  Menjelaskan pengertian dan pentingnya khauf.
Ø  Menjelaskan pengertian dan pentingnya taubat.

Tes tulis



Tes tulis




Tes tulis



Tes tulis

Uraian



Tugas




Jawab singkat


Jawab singkat

Ø  Jelaskan  pengertian dan pentingnya ikhlas.?
Ø  Hafalkanlah sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
Ø  Jelaskan  pengertian dan pentingnya taat?.
Ø  Jelaskan pengertian dan pentingnya taubat.?


 

Postingan populer dari blog ini

RPP Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013 Kelas VIII Lengkap dan Rapi

RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 5

RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 7