RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 8
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat
dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar
selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena
akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil
belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia
untuk Anda dan selamat mencontohnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui
pemahaman sifat-sifat Nya
B.
Kompetensi
Dasar :
2.2
Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat
wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dapat menyebutkan Ciri-ciri/tanda
perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah
SWT
§ Dapat menjelaskan Ciri-ciri/tanda
perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah
SWT
§ Dapat menjelaskan dan tujuan
Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil
dan Jaiz Allah SWT
§ Dapat menyimpulkan
Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil
dan Jaiz Allah SWT
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ percaya diri, Berorientasi tugas
dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan
kata-kata sendiri.
D.
Materi
Pembelajaran :
§ menjelaskan Ciri-ciri/tanda
perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah
SWT
§ pengertian Ciri-ciri/tanda
perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah
SWT
§ tujuan Ciri-ciri/tanda perilaku
orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
§ menyimpulkan Ciri-ciri/tanda perilaku
orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
E.
Metode
Pembelajaran :
§ Ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini
digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang Ciri-ciri/tanda perilaku orang
yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT, macam-macam
Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil
dan Jaiz Allah SWT
§ Diskusi: Metode ini digunakan
untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan
hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang
ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø
Menanyakan kepada siswa tentang Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang
beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
Ø
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø
Menyimpulkan Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada
sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
v Kegiatan inti
Ø
Siswa Mengamati fenomena lingkungan sekitar untuk menunjukkan
ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib,
mustahil dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. (eksplorasi)
Ø
Diskusi berkelompok tentang Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman
kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT. (Elaborasi)
Ø Guru dan siswa menyimpulkan
Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib,
mustahil dan Jaiz Allah SWT. (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
Ø
Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø
Tanya jawab tentang Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada
sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
Ø
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai
pengamalan
|
10
50
5
10
5
|
¨ Pemahaman Konsep
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
G. Sumber Pembelajaran
§ Al-Qur’an dan terjemahnya
§ Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§ LKS
§ Hasil kerja siswa
H.
Assessment/
Penilaian
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
Ø
Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman terhadap sifat wajib bagi Allah
SWT.
Ø
Menunjukkan perilaku orang yang beriman terhadap sifat jaiz bagi Allah
SWT.
Ø
Menunjukkan keutamaan orang-orang
yang beriman terhadap sifat Allah SWT.
|
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
|
Uraian
Tugas
Uraian
|
Ø
Jelaskan ciri-ciri orang yang
beriman terhadap sifat wajib bagi Allah SWT. ?
Ø
Jelaskan perilaku orang yang beriman terhadap sifat jaiz bagi Allah SWT.
?
Ø
Jelaskan keutamaan
orang-orang yang beriman terhadap
sifat Allah SWT. ?
|