RPP Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Lengkap Bagus Revisi Pertemuan 6
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK KELAS VII MTs sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat
dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar
selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena
akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil
belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia
untuk Anda dan selamat mencontohnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTsN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
1.
Meningkatkan
keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat Nya
B.
Kompetensi
Dasar :
2.2
Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang
nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dapat menyebutkan bukti/dalil
naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan
ma’nawiyah.
§ Dapat menjelaskan bukti/dalil
naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan
ma’nawiyah.
§ Dapat menjelaskan dan tujuan
bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§ Dapat menyimpulkan bukti/dalil
naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan
ma’nawiyah.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ percaya diri, Berorientasi tugas
dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan
kata-kata sendiri.
D.
Materi
Pembelajaran :
§ menjelaskan bukti/dalil naqli dan
aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan
ma’nawiyah.
§ pengertian bukti/dalil naqli dan
aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan
ma’nawiyah.
§ tujuan bukti/dalil naqli dan aqli
dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§ menyimpulkan bukti/dalil naqli
dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan
ma’nawiyah.
E.
Metode
Pembelajaran :
§ Ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini
digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang bukti/dalil naqli dan aqli dari
sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah,
macam-macam bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang
nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§ Diskusi: Metode ini digunakan
untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan
hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
Nilai yang
ditanamkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø
Menanyakan kepada siswa tentang bukti/dalil naqli dan aqli dari
sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Ø
Menyimpulkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang
nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
v Kegiatan inti
Ø
Siswa Mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya
untuk menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah dan meyakini keberadaan-Nya. (eksplorasi)
Ø
Siswa diminta membaca dalil-dalil
tentang naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah,
ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø
Diskusi berkelompok tentang naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah
yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah. (Elaborasi)
Ø
Meminta siswa Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat
wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat
wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah. (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
Ø
Guru melaksanakan penilaian lisan
Ø
Tanya jawab tentang bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib
Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø
Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai
pengamalan
|
10
50
5
10
5
|
¨ Pemahaman Konsep
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
G. Sumber Pembelajaran
§ Al-Qur’an dan terjemahnya
§ Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
§ LKS
§ Hasil kerja siswa
H.Assessment/
Penilaian
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
§ Religius, Cinta ilmu, gemar
membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
Ø
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta.
Ø
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.
Ø
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli.
|
Penugasan
Tes tulis
Penugasan
|
Jawab singkat
Jawab singkat
Jawab singkat
|
Ø
Sebutkanlah tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta ?
Ø
Sebutkanlah tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya ?
Ø
Sebutkanlah tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli. ?
|