RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 13
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat
dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar
selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena
akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil
belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia
untuk Anda dan selamat mencontohnya!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah/Madrasah : Sekolah
Mata
Pelajaran : AkidahAkhlak
Kelas/Smt : Sepuluh (X) / Genap
Materi
Pokok : Akhlak dalam Membesuk Orang
Sakit
Alokasi
Waktu : 2x45 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 :Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai) santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.5. Menghayati akhlak (adab) yang baik ketika membesuk
orang sakit
2.5. Membiasakan akhlak (adab) yang baik ketika membesuk
orang sakit
3.5. Memamhami adab islami ketika membesuk orang sakit
4.5. Mempraktikkan
contoh akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
C. Indikator Pembelajaran
1. Menjelaskan adab menjenguk orang sakit
2. Mempraktikkan tata cara menjenguk orang sakit
3. Menghafal do’a ketika menjenguk orang sakit
4. Menjelaskan hikmah menjenguk orang sakit
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta
didik dapatmenjelaskan adab menjenguk orang sakit, mempraktikkan
tata cara menjenguk orang sakit.
2.
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta
didikdapat menghafal do’a ketika menjenguk orang sakit dan
menjelaskan hikmah menjenguk orang sakit
E. Materi
Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1. ADAB
MENJENGUK ORANG SAKIT
- Memberi salam sambil mengulurkan tangan dengan ramah dan lemah lembut dengan maksud menengok dan ikut serta mendoakan yang sakit, karena salam pada hakikatnya adalah do’a.
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan kecil kepada penderita, misalnya:
a. bagaimana keadaan sakitnya ? sudah banyak kemajuan ?
b. apa yang dikeluhkan (apa sakitnya) ?
c. sudahberapa lama menderitaataudirawat?.
- Memberi bimbingan keagamaan atau nasehat kepada si penderita antara lain:
a. Sakit
ini adalah cobaan atau ujian dari Allah Swt.. sehingga harus kita terima dengan
rida, ikhlas serta dihadapi dengan sabar dan tabah Insya Allah akan sembuh.
b. Selain
berobat kepada dokter jangan lupa berdo’a kepada Allah Swt.., terutama setiap
minum obat, jangan lupa membaca do’a dan basmalah.
c. Salat lima waktu jangan ditinggalkan kerjakan menurut
kemampuan yang ada
d. Perbanyak
dzikir dan beristighfar kepada Allah Swt..
e. Janganlah
jengkel, jangan kesal, jangan buruk sangka kepada Allah, usahakan untuk senantiasa taqarrub
(mendekatkan diri) kepada Allah. Dan
sangat baik jika bisa banyak membaca ayat-ayat Al-Qur’anAl-Qur’an atau
menyebut-nyenbut asmaul husna.
2. HIKMAH SAKIT
Tidak
ada yang menginginkan musibah sakit sebab jika sakit segala aktifitas hidup
manusia akan terganggu, namun apabila
Allah menghendaki manusia untuk sakit, maka tak seorangpun yang dapat
menolaknya. Adapun hikmah dari sakit antara lain:
- Memupuk jiwa sabar dan tawakkal
- Menguatkan atau memperkokoh iman seseorang
- Merasakan dan menyadaribetapanikmatnyaanugerahsehat
- Memperoleh pahala yang berlipat ganda
1. Allah akan mengurangi atau mengampuni dosa si sakit
E.
Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Diskusi,membagi siswa
dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang
siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi
juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan
didepan kelas.
2. Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap
bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi
mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya
didepan kelas.
3. Resitasi: guru
memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah,
mencari bahan bacaan tentang akhlak menjenguk orang sakit, kemudian meresume
dan memberikan komentar seperlunya.
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar tentang menjenguk orang sakit
2. Alat/Bahan
- Laptop, LCD
Proyektor, Slide
3.
Sumber Belajar
- Buku Ajar siswa Akidah Akhlak
Kelas X
- Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
-
ModulhasilkaryaMusyawarah Guru AkidahAkhlak
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1)
Mengajak
semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
|
||
2)
Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan
tentang kehadiran siswa
serta kebersihan kelas
|
||
3)
Guru
mengajak siswa tadarrus
bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan
|
||
4)
Guru
menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari
|
||
5)
Guru
mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
|
||
Kegiatan Inti
|
65’
|
|
1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi empat kelompok dan membagikanempatgambar yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk
mengamati gambar sesuai dengan
tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
|
||
2)
Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain
atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi
pembelajaran.
|
||
3)
Mengeksplorasi/mengumpulkan
data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di
buku lain atau internet dan mendiskusikan
isi materi yang sudah didapatkan
|
||
4)
Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta
untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan
dengan kehidupan sehari-hari dan
emnyimpulkanya
|
||
5)
Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah
diperbaiki di papan pajangan
|
||
Kegiatan Menutup
|
15’
|
|
1)
Siswa
menyimpulkan hasil pembelajaran
|
||
2)
Guru
memberikan penguatan materi ajar
|
||
3)
Guru
memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “akhlak menjenguk orang sakit”
|
||
4)
Guru
bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
|
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk
:
Lembaraninidiisioleh
guru untukmenilaisikap spiritual pesertadidik.Berilahtandacek (v)
padakolomskorsesuaisikap spiritual yang ditampilkanolehpesertadidik,
dengankriteriasebagaiberikut :
4 = selalu, apabilaselalumelakukansesuaipernyataan
3 = sering,
apabilaseringmelakukansesuaipernyataandan kadang-kadangtidakmelakukan
2 = kadang-kadang,
apabilakadang-kadangmelakukandan
Seringtidakmelakukan
1 = tidakpernah, apabilatidakpernahmelakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
TanggalPengamatan :
…………………..
MateriPokok :
…………………..
No
|
AspekPengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam sebelum dan
sesudah presentasi
|
||||
4
|
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan
|
||||
5
|
MerasakankebesaranTuhansaatbelajar
|
||||
JumlahSkor
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama
Peserta Didik :………………….
Kelas :………………….
Materi
Pokok : Akhlak menjenguk
orang sakit
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalahpernyataan
yang ada di dalamkolomdenganteliti
•
berilahtandacek
(√)sesuaidengankondisidankeadaan kalian
sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Sayamenjenguk orang sakit
|
||||
2
|
Sayamendoakan orang sakit agar diberikesembuhanoleh
Allah SWT.
|
||||
3
|
Sayamembantu orang sakit
|
||||
Jumlah skor
|
Keterangan :
•
SL
= Selalu, apabila selalumelakukansesuaipernyataan yang diberikan
•
SR = Sering, apabila
seringmelakukansesuaipernyataan yang diberikan
•
KD = Kadang-kadang, apabilakadang-kadang
melakukandanseringtidakmelakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak
pernahmelakukansesuaipernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin(PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk
:
Berilahtandacek
(v) padakolomskorsesuaisikaptanggungjawab yang ditampilkanolehpesertadidik,
dengankriteriasebagaiberikut :
4 =
selalu, apabilaselalumelakukansesuaipernyataan
3 =
sering, apabilaseringmelakukansesuaipernyataandankadang-kadangtidakmelakukan
2 =
kadang-kadang, apabilakadang-kadangmelakukandanSeringtidakmelakukan
1 = tidakpernah, apabilatidakpernahmelakukan
NamaPesertaDidik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
TanggalPengamatan : …………………..
MateriPokok : …………………..
No
|
AspekPengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masukkelastepatwaktu
|
||||
2
|
Mengumpulkantugastepatwaktu
|
||||
3
|
Memakaiseragamsesuaitatatertib
|
||||
4
|
Mengerjakantugas
yang diberikan
|
||||
5
|
Tertibdalammengikutipembelajaran
|
||||
6
|
Membawabukutekssesuaimatapelajaran
|
||||
JumlahSkor
|
PetunjukPenskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :Skor di peroleh20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan
= 24, makaskorakhir :
|
24 Peserta didik memperoleh nilai
:
SangatBaik : apabila memperoleh skor : 3.33
<skor< 4.00
Baik : apabila memperoleh skor : 2.33
<skor< 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 <skor< 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor :skor< 1.33
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1. Mengapa
kita harus menjenguk orang sakit?
2. Apa hikmah
sakit bagi si penderita?
3. Jelaskan
apa manfaat membesuk orang sakit bagi si sakit!
4. Jelaskan
pula apa manfaat membesuk orang sakit bagi pembesukt!
5.
Jelaskan hal apa saja yang harus kita lakukan terhadap orang yang sakit
parah
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas:
............................
Nama:
............................
Topik:
..........................
No
|
Materi Yang HarusDikuasai
|
Aspek Penilaian
|
Catatan
|
|||
Lancar
|
Fasih
|
Intonasi
|
||||
1
|
Menghafal
hadits nabi dalam menjenguk orang sakit
|
|||||
2
|
Menghafal
doa menjenguk orang sakit
|
|||||
Jumlah Nilai
|
Pedomanpenskoran:
•
5
= sangatbaik
•
4
= baik
•
3
= cukup
•
2
= kurang