RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 12




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 

Nama Sekolah/Madrasah       : Sekolah
Mata Pelajaran                        : Aqidah Akhlak
Kelas/Smt                               :  Sepuluh (X) / Genap
Materi Pokok                           : Perilaku licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
Alokasi Waktu                        :  2x45 Menit


A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1     :Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI-2     :Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja  sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3     : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4     : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.  Kompetensi Dasar
1.4. :  Menunjukkan sikap penolakan terhadap perilaku licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
2.4. :  Menghindari perilaku licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
3.4. :  Memahami pengertian dan pentingnya menghindari licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
      4.4. :  Menceritakan bahaya dari akhlak tercela licik, tamak, zalim, dan diskriminasi

C. Indikator Pembelajaran
1.     Siswa dapat menjelaskan pengertian sifat licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
2.     Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri sifat licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
3.     Siswa dapat menerangkan bahaya sifat licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
4.     Siswa dapat mengemukakan cara nenghindari licik, tamak, dzalim dan diskriminasi

D. Tujuan Pembelajaran
1.     Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat menjelaskan pengertian sifat licik, tamak, dzalim dan diskriminasi, menyebutkan ciri-ciri sifat licik, tamak, dzalim dan diskriminasi,
2.     Menerangkan bahaya sifat licik, tamak, dzalim dan diskriminasi serta mengemukakan cara nenghindari licik, tamak, dzalim dan diskriminasi

E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.   Pengertian sifat licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
Licik berarti banyak akal yang buruk, pandai menipu; culas; curang; dan licin;
Tamak adalah cinta kepada  dunia (harta) terlalu berlebihan tanpa memperhatikan hukum haram yang mengakibatkan adanya dosa besar. ;zalim yang artinya sewenang-wenang atau tidak adil ;Diskriminasi berarti pembedaan perlakuan terhadap sesama berdasarkan warna kulit, golongan, ;suku, ekonomi, status sosial dan lain-lain.
2.  Ciri-ciri  sifat licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
Ciri-Ciri Orang Licik yakni 1) Tidak suka melihat orang lain bahagia. 2) Bahagia melihat orang lain menderita. 3) Berpikir untuk mencelakakan orang lain 4) Ingin Serba Jalan Pintas.  5) Pandai menipu, untuk memuluskan siasatnya yang licin
Ciri-Ciri Tamak yakni 1)  Tidak mensyukuri nikmat yang telah dimiliki 2)Selalu merasa kurang padahal ia telah banyak mendapat nikmat 3) Ingin memiliki sesuatu yang dimiliki orang lain 4)Tuulul amal, panjang angan-angan yaitu suka menghayal dan tidak realistis 5) Kikir, ia tidak mau hartanya berkurang sedikitpun.
     3.  Bahaya  sifat licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
Bahaya orang licik Bagi Orang Lain yakni 1). Seringkali kita jumpai orang yang sikut sana-sikut sini untuk mencapai tujuannya. 2). Licik membuat seseorang menjadi serakah. 3). Orang yang licik inginnya menjadi nomor satu, tidak peduli dengan kemampu-annya yang tidak seberapa. 4).  Kurang Iman. Sudah pasti orang yang licik imannya kurang makanya ia berbuat seperti itu. Bahaya orang licik Bagi Diri Sendiri yakni 1) Batinnya selalu resah dan gelisah. Hatinya tidak akan tenang. 2) Hidupnya tidak berkah. Jika ia menafkahi keluarga dengan jalan licik lalu anak diberi makan yang tidak halal, maka akan menjadi daging 3) Hidupnya penuh dengan fitnah. 4)  Ia penuh dengan dosa. 5) Akhir hidupnya Su’ul Khotimah.
Bahaya Tamak yakni 1) Orang yang tamak selalu merasa kurang dan tidak pandai bersyukur 2) Sifat tamak dapat menimbulkan rasa dengki, hasud dan permusuhan 3) Sifat tamak akan membutakan orang  4) Sifat tamak akan menjauhkan seseorang daria Allah Swt.
Bahaya  Perbuatan Aniaya yakni  1) rusak persatuan dan persaudaraan. 2)Merusak tatanan hidup di masyarakat. 3) Menghilangkan akhlak atau sifat yang baik. 4) Merugikan orang lain.  5) Menghilangkan pahala amal perbuatan. 6) Orang yang aniaya akan kekal di dalam neraka  seperti diterangkan dalam
   4.  Cara menghindari licik, tamak, dzalim dan diskriminasi                                                                                              
Cara Menghindari Tamak yakni 1) Mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan            2) Membiasakan diri dengan sifat ikhlas dan rendah diri 3) Membiasakan diri dengan sifat pemurah dan jujur 4) Membiasakan hidup sederhana, hemat, qana’ah dan zuhud 5)Meminta pertolongan kepada Allah agar dijauhkan dari sifat serakah 6) Menghindari sifat iri jika melihat orang lain banyak harta 7) Sadar bahwa meteri hanya hiasan hidup dan perantara menuju akhirat

E.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.      Diskusi, membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.      Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.      Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang Perilaku licik, tamak, dzalim dan diskriminasi

 F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.  Media
Gambar tentang siswa yang mencontek, tawuran remaja
2.  Alat/Bahan
- Laptop, LCD Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
-  Buku Ajar siswa Akidah Akhlak Kelas X
-  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
-  Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak


G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’

1)     Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa

2)     Menyapa kondisi kelas dan mengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas

3)     Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan

4)     Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari

5)     Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’

1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi empat kelompok dan membagikan empat gambar yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati gambar sesuai
dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing
kelompok dapat menyimpulkan


2)     Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi pembelajaran.


3)  Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan isi materi yang sudah didapatkan


4)  Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan menyimpulkanya


5)  Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan

Kegiatan Menutup
15’

1)     Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran


2)      Guru memberikan penguatan materi ajar


3)      Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “perilaku licik, tamak, dzalim dan diskriminasi


4)      Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis


PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan  : …………………..
Materi Pokok              : …………………..
No
Aspek Pengamatan

1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi




4
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan




5
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar




Jumlah Skor





LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR

Nama Peserta Didik    :………………….
Kelas                           :………………….
Materi Pokok              :………………….
Tanggal                       :………………….
PETUNJUK
        Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
        berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melakukan kecurangan




2
Saya  bersyukur ketika mendapatkan nikmat




3
Saya  tidak melakukan perkelaian atar remaja




4
Saya tidak membedakan teman dalam bergaul




5
Saya menghargai perbedaan pendapat ketika berdiskusi




Keterangan :
      SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  yang diberikan
      SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
      KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
      TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan

Lembar Penilaian Antar peserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)


Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai       : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                          : …………………..
Materi Pokok                                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masuk kelas tepat waktu




2
Mengumpulkan tugas tepat waktu




3
Memakai seragam sesuai tata tertib




4
Mengerjakan tugas yang diberikan




5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran




6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran




Jumlah Skor




Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



Contoh :  Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
X 4 = 3.33
 
14
24                                Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33

LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1. Jelaskan bahaya dari perbuatan licik
2. Bagaiman car menghindari perbuatan tamak?
3. Jelaskan 3 bentuk perbuatan zalim terhadap masyarakat
4. Sebutkan bahaya dari perbuatan zalim!
5.  Jelaskan bahaya dari diskriminasi?





























LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)

Kelas        : ............................
Nama       : ............................
Topik        : ..........................

No

Materi Yang Harus Dikuasai
Aspek Penilaian
Catatan
Lancar
Fasih
Intonasi
Ekpresi

1
Menghafal hadits berkaitan tanda munafq





2
Menghafal Doa Sujud Syukur





3
Menghafal Doa Syukur Nikmat





4
Menghafal ayat berkaitan diskriminasi





Jumlah Nilai





Pedoman penskoran :
        5 = sangat baik
        4 = baik
        3 = cukup
2 = kurang

Postingan populer dari blog ini

RPP Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013 Kelas VIII Lengkap dan Rapi

RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 5

RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 7