Penulisan Bab 1 PTK yang Benar, Lengkah dan Terpercaya dengan Referensi
BABI
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakangMasalah
Pelajaranaqidahakhlaksebagaisalahsatumatapelajaran ditingkat
SMP/MTs dewasainitelahmendapatkanperhatian yang
cukupseriusdariberbagaipihakbaikpemerintah, sekolah,
maupunmasyarakat. Hal
inidisebabkankarenapelajaranaqidahakhlakmerupakanmatapelajaran yang
bertujuanuntukmembina moral danakhlaksiswa, sertaberimandanbertaqwakepadaTuhan Yang
MahaEsa.
SebagaimanadisebutkandalamUndang-undangSistemPendidikanNasionalNomor 20Tahun
2003 (dalamDepdiknas, 2006: 234)
menyebutkanbahwa:
Pendidikannasionalbertujuanmengembangkankemampuandanmembentukwataksertaperadabanbangsa yang
bermanfaatdalamrangkamencerdaskankehidupanbangsa, bertujuanuntukberkembangnyapotensipesertadidik agar menjadimanusia yang
berimandanbertaqwakepadaTuhan
Yang MahaEsa, berakhakmulia, sehat,
beriman, cakap, kreatif,
mandiridanmenjadiwarganegara yang
demokratissertabertanggungjawab.
Sehubungandengantujuanpembelajaranaqidahakhlak, Thohadkk (2004:135)menyebutkan bahwa:
Tujuanumumpengajaranaqidahdanakhlakyaitu
(1)
supayadapatterbiasamelakukanhal-hal
yang baik, indah,
mulia, terpujisertamenghindari
yang buruk, jelek,
hinadantercela; serta (2) supayaperhubungankitadengan Allah Swtdandengansesamemakhlukselaluterpeliharadenganbaikdanharmonis.
LebihlanjutThohadkk (2004: 136)
menyebutkanbahwatujuankhususpembelajaranaqidahakhlakantara lainuntuk:
(1)
menumbuhkanpembentukankebiasaanberakhlakmuliadanberadatkebiasaanbaik; (2) memantapkan rasa keagamaanpadasiswa, membiasakandiriberpegangpadaakhlakmuliadanmembenci
akhlak yang
rendah; (3)
membiasakansiswabersikaprela, optimis, percayadiri,
menguasaiemosi, tahanmenderitadansabar; (4) membimbingsiswakearahsikapyang sehat
yang
dapatmembantumerekaberinteraksisosial
yang baik, mencintaikebaikanuntuk
orang lain, sukamenolong, sayingkepada
yang lemahdanmenghargai orang
lain; (5) membiasakansiswabersopansantundalamberbicaradanbergaulbaik
di sekolahmaupun di luarsekolah; (6)
selalutekunberibadahdanmendekatkandirikepada Allah Swtdanbermuamalah yang
baik.
DOWNLOAD JUGA RPP KURIKULUM
2013 DAN SILABUS KURIKULUM 2013 FIKIH QURAN HADITS SEJARAH BAHASA INDONESIA BAHASA INGGRIS BAHASA ARAB SKI FISIKA KIMIA BIOLOGI MATEMATIKA SOSIOLOGI GEOGRAFI TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI (TIK) EKONOMI PKN IPA TERPADU IPS TERPADU SENI BUDAYA
KesulitanbelajaraqidahakhlakdialamiolehsebagianbesarsiswaMTsNAlamat. Dari
hasilobservasiawaldanketeranganguru bidangstudiaqidahakhlakdariMTsNBlang Bale
diketahuisebagianbesarsiswamengalamikesulitandalammemahamikonsep-konsepmateri
yang diajarkanpadamatapelajaranaqidahakhlak. Kesulitan
yangdialamiolehsiswaadalahkurangnyakemampuansiswadalammembacaayat-ayat
Al-Qur’an danHadits. Akibatnya, berdasarkan basil
tesulangansiswapadamatapelajaranaqidahakhlakmenunjukkanmasihbanyaksiswa yang belummencapaiketuntasanbelajardengan
rata-rata hasilbelajarsiswayakni 50,5
yang masihberada di bawahnilaiKriteriaKetuntasan Minimal pelajaranaqidahakhlak
di MTsNAlamat yaitu 65.
Penggunaan
modelpembelajarankooperatifsebagaisalahsatusolusiuntukmengatasikesulitanbelajaraqidahakhlaksiswasangatdiperlukanoleh guru
agarmateri yang disampaikanmudahdipahami, sekaligusmelatihketerampilanbekerjasamadanbertanggungjawab.
Johardkk (2006:31) menjelaskan, "Pembelajarankooperatifmerupakan model
pembelajaran di manaaktivitaspembelajarandilakukanguru denganmenciptakankondisibelajar yang
memungkinkanterjadinya proses
belajarantarsesamesiswa. Proses interaksiakandimungkinkanjika gurumengaturkegiatanpembelajarandalamsuatu
setting siswabekerjadalamkelompok".
Untukmengatasikondisitersebut,
makapenggunaanpembelajarankooperatiftipe Jigsaw sebagaisalahsatu model
pembelajaranuntukmengaktifkansiswasangatdiperlukanolehguru aqidah akhlak agar materi yang disampaikanmudahdipahami,
sekaligusmelatihkemampuansiswadalammenyelesaikanmasalahbersama-sama,
MenurutTrianto (2003:56), "Model pembelajarankooperatiftipe Jigsaw
merupakantipepembelajaran yang menempatkansiswadalamkelompokbelajarberanggotakan
5-6 orang (kelompokasal), setiapsiswadalamkelompokdiberitugas yang
berbedauntukdidiskusikandengansiswakelompok
lain dengantugassama (kelompokahli)".
Melaluipembelajarankooperatiftipe Jigsaw, diharapkansiswamampuberpikirsendiriuntukmemahamimateribaikmelaluikerjasamamaupunsecaraindividusehinggakesulitanbelajaraqidahakhlaksiswadapatteratasisekaligusmampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.
Berdasarkanmasalah di
atas, penulistertarikuntukmenerapkan model pembelajarankooperatiftipe Jigsaw
untukmembantukesulitanbelajarsiswadenganmelakukanpenelitiandenganjudul "UpayaPenerapanCooperative Learning Tipe Jigsaw
UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswapadaPelajaran Agama Islam
MateriPerilakuTerpuji di KelasIXMTsNAlamat Kabupaten Aceh Barat".
1.2 RumusanMasalah
Berdasarkanlatarbelakangmasalah
di atas, yang menjadirumusanmasalahdalampenelitianiniyaitu:
1 )Apakahpenerapan model
pembelajarankooperatiftipe Jigsaw dapatmengatasi
Kesulitansiswdalampembelajaranaqidahakhlak
di kelaspadaMTsNBlang
Bale?
2).
Bagaimanaaktivitasguru dalammenerapkan model
pembelajarankooperatiftipe '
Jigsaw dalampembelajaranaqidahakhlak
di kelasIX pada MTsNAlamat?
3).
Bagaimanaaktivitassiswaselamaditerapkannyamodel pembelajarankooperatiftipe Jigsaw
dalampembelajaranaqidahakhlak
di kelasIXpadaMTsNAlamat?
1.3 TujuanPenelitian
Berdasarkanrumusanmasalah di
atas,
adapuntujuandaripenelitianiniyaitusebagaiberikut.
1 ).
Untukmengetahuipenerapan model pembelajarankooperatiftipe Jigsaw
dalammengatasikesulitansiswadalampembelajaranaqidahakhlakdi kelasIXpadaMTsNAlamat.
2).
Untukmengetahuiaktivitasguru
dalammenerapkan .modelpembelajarankooperatiftipe Jigsaw dalampembelajaranaqidahakhlak di kelas ix padaMTsNAlamat.
3).
Untukmengetahuiaktivitassiswaselamaditerapkannya model
pembelajarankooperatiftipe Jigsaw dalampembelajaranaqidahakhlak di kelasIXpadaMTsNAlamat.
1.manfaatPenelitian
Denganadanyapenelitianinikiranyadapatmemberikan manfaatsebagaiberikut.
1).
Menjadibahanmasukanbagilembaga-lembagapendidikandanbagi guru-guru
aqidahakhlak di MTsNAlamat
dalamrangkamencarijalankeluaruntukmengatasikesulitansiswadalammemahamimateripelajaran.
2).
Menjadisalahsatumodel
pembelajaran yang
disenangidandiminati, sertamampumengaktifkan siswadalamkegiatanpembelajaransehinggadiharapkandapatmengatasi kesulitanbelajarsertamampumeningkatkanprestasibelajarsiswakhususnyapadamatapelajaranaqidahakhlak.
3).
Menjadisalahsatualtematifbagi
guruaqidahakhlakdalammenemukanstrategipembelajaran yang sesuaidenganmateri, kemampuanmaupunkondisisiswa.
1.5 RuangLingkupPenelitian
Penerapanmodel pembelajarankooperatiftipe Jigsaw
dalampenelitianinihanyaditerapkanpadamateriperilakuterpuji di kelasIX msnuntuk semester ganjil. Untukmengkajipenerapan model
pembelajarankooperatiftipe
Jigsaw
dalammengatasikesulitansiswa,
aktivitas guru dalammenerapkan model pembelajarankooperatiftipe Jigsaw,
sertaaktivitassiswaselamaditerapkannya model pembelajarankooperatiftipe Jigsaw
dalampembelajaranaqidahakhlakmateriperilakupuji di kelasIXMTsNAlamat.
DOWNLOAD JUGA RPP KURIKULUM
2013 DAN SILABUS KURIKULUM 2013 FIKIH QURAN HADITS SEJARAH BAHASA INDONESIA BAHASA INGGRIS BAHASA ARAB SKI FISIKA KIMIA BIOLOGI MATEMATIKA SOSIOLOGI GEOGRAFI TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI (TIK) EKONOMI PKN IPA TERPADU IPS TERPADU SENI BUDAYA