RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 14
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah/Madrasah : Sekolah
Mata
Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Smt : Sepuluh (X) / Genap
Materi
Pokok : Kisah Teladan Rasul Ulul Azmi
Alokasi
Waktu : 2x45 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1
: menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai.
Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3: memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI-4: mengolah ,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan
mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.6. Menghayati keutamaan dan
keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi
2.6. Meneladani keutamaan dan keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
3.6. Menganalisis kisah keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
4.6. Mencerikatan kisah keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi
C. Indikator Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan keutamaan nabi-nabi ulul azmi
2. Siswa dapat meneladani keteguhan nabi-nabi ulul azmi
3. Siswa dapat menganalisi kisah keteguhan nabi-nabi ulul azmi
4. Siswa dapat mencerikatan kisah keteguhan nabi-nabi ulul azmi
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta
didik dapat menjelaskan keutamaan dan keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi,
2.
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta
didik dapat meneladani keutamaan dan keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi,
menganalisi kisah keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi dan mencerikatan kisah
keteguhan nabi-nabi Ulul Azm.
E. Materi
Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1. Pengertian ulul Azmi
Ulu al-Azmi adalah gelar yang
diberikan kepada para rasul
yang memiliki kedudukan tinggi/ istimewa karena ketabahan dan kesabaran yang
luar biasa, dalam menyebarkan agama
2. Sifat sifat ulul azmi
a.
Memiliki kesabaran yang tinggi ketika berdakwah
b.
Senantiasa mohon kepada Allah agar tidak menurunkan azab kepada
kaumnya
c.
Senantiasa berdoa agar
Allah memberi hidayah kepada kaum mereka
d.
Memiliki
keazaman (semangat yang kuat dan kokoh)
yang tinggi semasa berdakwah
3. Keutamaan dan keteguhan rasul rasul ulul azmi
a.
Nabi
Nuh as.
Nabi Nuh
as. termasuk Rasul ulul azmi di antaranya karena kesabarannya dalam berdakwah
dan mendapat hinaan dari kaumnya. Nabi Nuh tidak mengenal menyerah terus
menerus mendakwahi keluarga, kerabat dan masyarakat umum, untuk kembali kepada
jalan yang lurus.
b.
Nabi
Ibrahim as. as.
Nabi Ibrahim as. as. termasuk rasul ulul azmi di antaranya karena kepatuhan
dan kesabaran serta keteguhannya dalam berdakwah. Ia harus berhadapan dengan
raja dan masyarakat penyembah berhala termasuk orang-orang terdekatnya. Bahkan
ia harus menerima siksaan yang maha pedih, yaitu dibakar dan diusir dari
kampung halamannya.
c.
Nabi
Musa as.
Nabi Musa juga termasuk rasul ulul azmi. Beliau sabar dalam menghadapi
dan mendakwahi Fir’aun dan pengikutnya. Selain itu, beliau mampu bersabar dalam
memimpin kaumnya yang sangat pembangkang. Bagaimana tidak, ketika beliau akan
menerima wahyu di Bukit Sinai, pengikutnya yang dipimpin Samiri menyeleweng
dengan menyembah patung anak sapi.
d.Nabi Isa as.
Banyak hal yang menunjukkan bahwa Isa memiliki kesabaran dan keteguhan dalam menyampaikan
ajaran Allah. Terutama, ketika Isa sabar
menerima cobaan sebagai seorang yang miskin, pengkhianatan seorang muridnya,
Yudas Iskariot, menghadapi fitnah, penolakan, hendak diusir dan dibunuh oleh
kaum Bani Israil.
Kehidupan Isa menggambarkan kezuhudan dan ketaatan dalam beribadah.
e.
Nabi
Muhammad as.
Nabi Muhammad saw. sejak dari kecil sampai ewasa
mengalami masa-masa sulit. Pada usia 6 tahun beliau sudah menjadi yatim piatu.
Setelah dewasa beliau harus membantu meringankan beban paman yang merawat
beliau. Namun yang paling berat tantangan yang dihadapi adalah setelah
diangkatnya beliau menjadi rasul. Penentangan bukan saja dari orang lain,
tetapi juga dari Abu Lahab, pamannya. Beliau juga harus ikut menderita tatkala
Bani Hasyim diboikot (diasingkan) di sebuah lembah gara-gara dakwah beliau.
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan
Pembelajaran)
1. Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang siswa menjadi moderator, seorang menjadi
notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok
mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2. Tanya
jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap
bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi
mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya
didepan kelas.
3. Resitasi: guru
memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah,
mencari bahan bacaan tentang keutamaan dan keteguhan rasul ulul azmim, kemudian
mesume dan memberikan komentar seperlunya.
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar tentang sikap orang sabar, dan gambar orang sedang berdoa
2. Alat/Bahan
- Laptop, LCD
Proyektor, Slide
3.
Sumber Belajar
- Buku Ajar siswa Akidah Akhlak
Kelas X
- Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
- Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah
Akhlak
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1)
Mengajak
semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
|
||
2)
Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan
tentang kehadiran siswa
serta kebersihan kelas
|
||
3)
Guru
mengajak siswa tadarrus
bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan
|
||
4)
Guru
menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari
|
||
5)
Guru
mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
|
||
Kegiatan Inti
|
65’
|
|
1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi empat kelompok dan membagikanempatgambar yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk
mengamati gambar sesuai dengan
tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan
|
||
2)
Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain
atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi
pembelajaran.
|
||
3)
Mengeksplorasi/mengumpulkan
data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di
buku lain atau internet dan mendiskusikan
isi materi yang sudah didapatkan
|
||
4)
Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta
untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan
dengan kehidupan sehari-hari dan
menyimpulkanya
|
||
5)
Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah
diperbaiki di papan pajangan
|
||
Kegiatan Menutup
|
15’
|
|
1)
Siswa
menyimpulkan hasil pembelajaran
|
||
2)
Guru memberikan
penguatan materi ajar
|
||
3)
Guru
memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “keutamaan dan
keteguhan nabi nabi ulul azmi”
|
||
4)
Guru
bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
|
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut
:
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam sebelum dan
sesudah presentasi
|
||||
4
|
Menyatakan kekaguman atas keutamaan nabi nabi ulul
azmi
|
||||
Jumlah Skor
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :………………….
Materi Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
berilah tanda cek
(√)sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan
sumbernya
|
||||
3
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan
barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat
jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL = Selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan yang
diberikan
•
SR = Sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
•
KD = Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan sesuai pernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa
buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh : Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
|
24 Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor <
1.33
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1.
Jelaskan
pengertian nabi ulul azmi!
2.
Jelaskan sifat-sifat utama nabi ulul azmi ?
3. Sebutkan
sifat sifat utama dari nabi nabi ulul azmi?
4. Jelaskan
keteguhan yang dimiliki oleh Nabi Nuh?
5. Jelaskan
keutamaan yang dimiliki oleh nabi Ibrahim?
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas:
............................
Nama:
............................
Topik:
..........................
No
|
Materi Yang Harus Dikuasai
|
Aspek Penilaian
|
Catatan
|
|||
Lancar
|
Fasih
|
Intonasi
|
Ekpresi
|
|||
1
|
Keaktifan
dalam diskusi
|
|||||
2
|
Kekompakan
dalam diskusi
|
|||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
Jumlah Nilai
|
Pedoman penskoran :
•
5
= sangat baik
•
4
= baik
•
3
= cukup
•
2
= kurang