RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 9



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah/Madrasah      : Sekolah
Mata Pelajaran                       : Aqidah Akhlak
Kelas/Smt                              : Sepuluh (X) / Genap
Materi Pokok                         : Seharusnya Kita Menghindari Perbuatan Syirik
Alokasi Waktu                       : 2x45 Menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1 :  menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai. Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3:  memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena   kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4:  mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar
1.1.Menunjukkan sikap penolakan terhadap perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
2.1. Menghindari perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
3.1. Menganalisis perbuatan syirik dan macam-macam dan cara menghindarinya
4.1. Menyajikan contoh praktik-praktik perbuatan syirik di masyarakat

C. Indikator Pembelajaran
1.   Menjelaskan pengertian syirik
2.   Menyebutkan dalil yang melarang perbuatan syirik
3.   Menjelaskan macam-macam perbuatan syirik
4.   Mengemukakan contoh perbuatan syirik yang sering muncul di masyarakat
5.   Mengemukakan bahaya-bahaya dari perbuatan syirik
6.   Menjelaskan cara menghindari dari perbuatan syirik

D. Tujuan Pembelajaran
1.   Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, peserta didik menjelaskan pengertian syirik, menyebutkan dalil yang melarang perbuatan syirik, menjelaskan macam-macam perbuatan syirik, mengemukakan contoh perbuatan syirik yang sering muncul di masyarakat dan bahayanya serta menjelaskan cara menghindari dari perbuatan syirik
2.   Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat menjelaskan ruang lingkup akidah Islam menyebutkan metode-metode peningkatan  kualitas menghindari perbuatan syirik

E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.   Pengertian Syirik
Syirik adalah perbuatan, anggapan atau itikad menyekutukan Allah Swt. dengan yang lain, seakan-akan ada yang maha kuasa di samping Allah Swt. Orang yang menyekutukan  Allah disebut musyrik. Syirik merupakan dosa besar yang tidak terampuni, seperti difirmankan oleh Allah Swt.

2.      Macam-macam syirik
Syirik terbagi menjadi dua macam, yakni syirk akbar (syirik besar) atau disebut juga dengan syirk jali (syirik nyata) dan syirk asghar (syirik kecil) atau disebut juga dengan syirk khafi (syirik samar-samar).

3.   Contoh perilaku orang yang berbuat syirik
Perilaku orang yang berbuat syirik sangat banyak dicontohkan, baik di dalam al-Qur’an maupun kisah-kisah dalam sejarah Islam. Contoh-contoh seperti itu dimaksudkan agar bisa dijadikan pelajaran oleh orang lain agar tidak melakukan hal yang serupa dan benar-benar mengerti bahwa perilaku syirik itu adalah sesuatu yang tercela dan sangat dilaknat oleh Allah Swt.
4. Bahaya Perbuatan Syirik
a.      Amalan saleh yang sudah dikerjakan oleh orang-orang yang berbuat syirik akan lenyap dan sia-sia.
b.     Orang-orang musyrik benar-benar melakukan kezaliman yang besar.
c.      Akan masuk ke dalam neraka jahannam. Allah Swt.. berfirman dalam al-Qur’ansurah al-Bayyinah ayat 6:
5. Cara menghindari perbuatan syirik
a.   Selalu menegakkan salat, karena dengan melakukan salat yang benar akan terhindar dari perbuatan keji dan munkar.
b.   Selalu berusaha meningkatkan ketakwaan kepada  Allah, karena dengan begitu akan selalu diberikan jalan keluar terhadap segala problema yang dihadapi.
c.   Selalu berusaha melatih diri untuk senantiasa ingat bahwa syirik itu adalah dosa yang paling besar di antara dosa-dosa yang ada dan tidak akan diampuni oleh Allah Selalu mengingat  Allah di manapun berada. Dengan selalu mengingat  Allah hati akan tenang dan selalu berada dalam suasana kontak batin dengan sang Khaliq. .
E.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.  Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.  Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.  Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang Seharusnya Kita Menghindari Perbuatan Syirik
 F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.  Media
Gambar tentang orang-orang musyrik, dan vidio
2.  Alat/Bahan
- Laptop, LCD Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
-  Buku Ajar siswa Akidah Akhlak Kelas X
-  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
-  Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak
- LKS

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’

1)     Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa

2)     Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas

3)     Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan

4)     Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari

5)     Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’

1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi empat kelompok dan membagikanempatgambar yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati gambar  sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat menyimpulkan


2)     Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi pembelajaran.


3)  Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan isi materi yang sudah didapatkan


4)  Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan emnyimpulkanya


5)  Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan

Kegiatan Menutup
15’

1)     Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran


2)      Guru memberikan penguatan materi ajar


3)      Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “seharusnya kita menghindari perbuatan syirik”


4)      Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis


H. Penilaian
Pilihan Ganda
1.     Secara bahasa syirik berasal dari Bahasa Arab as-syirku, yang artinya seperti berikut ini kecuali...
a.      Ta’addudul aalihati
b.     Al-musyariku
c.      An-nashibu
d.     Al-muwahhidu
e.      Asy-syirkatu wasysyarikatu
2.     Syirik adalah perbuatan, anggapan atau itikad menyekutukan Allah Swt. dengan yang lain. Disebut demikian karena...
a.      Pelaku syirik itu ada yang awalnya beragama lain
b.     Pelaku syirik biasanya merupakan orang yang tidak percaya kepada Allah
c.      Pelaku syirik menganggap bahwa Allah itu dibantu oleh nabi dalam menjalankan tugas-tugasnya.
d.     Pelaku syirik menganggap seakan-akan ada yang maha kuasa di samping Allah Swt.
e.      Pelaku syririk meyakini tanpa malaikat, Allah amat terganggu tugas dan fungsinya
3.     Disebut syirik akbar atau syirk jali jika melakukan hal-hal berikut ini, kecuali.....
                     a.     Melakukan perbuatan yang jelas-jelas menganggap ada tuhan-tuhan lain (alihah) selain Allah Swt.
                    b.     MenganggapTuhan itu tidak ada tandingan selain Allah Swt..
                     c.     Menganggap ada sesembahan selain Allah Swt..
                    d.     Menganggap Tuhan mempunyai anak
                     e.     Melakukan perbuatan yang mengingkari kemahakuasaan Allah Swt..
4.     Salah satu contoh syirk khafi ialah...
a.      Seseorang yang melakukan peribadatan dengan mengagungkan nenek moyang
b.     Seseorang yang melakukan sesembahan terhadap tetumbuhan yang dianggap keramat
c.      Seseorang yang dalam melaksanakan ibadah diniatkan untuk mencari keridhaan-Nya
d.     Seseorang yang dalam mengerjakan suatu perbuatan ada maksud untuk dipuji oleh orang lain (riya’).
e.      Seseorang yang mengakui bahwa Allah mempunyai sifat-sifat yang terpuji yang muda dipahami oleh manusia
5.     Perbuatan yang secara tersirat mengandung pengakuan ada yang kuasa di samping Allah Swt. adalah...
a.      Seandainya aku tidak bersyukur atas nikmat Allah maka pasti aku akan diberi azab
b.     Seandainya bukan karena helm itu, maka kepalaku akan pecah dan mati dalam kecelakaan itu
c.      Seandainya aku tidak mengikuti ajaran para ulama, maka pasti aku akan tersesat
d.     Seandainya aku mengikuti anjuran dokter, maka aku akan bisa sembuh
e.      Seandainya aku mau belajar dengan keras, maka aku akan lulus ujian
6.     Kepercayaan kepada azimat dan benda sakti dan lain-lain yang dapat memberi manfaat dan menolak kemudaratan daripada manusia termasuk jenis syirik...
a.      Menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain
b.     Menyembah sesuatu selain Allah
c.      Manusia yang menuhankan yang lain.
d.     Memperturutkan hawa nafsu untuk durhaka kepada Allah
e.      Menyembah berhala
7.     Menyembah taghut dilarang oleh Allah, karena termasuk perbuatann syirik. Yang dimaksud dengan taghut adalah...
a.      Benda-benda yang terbuat dari batu
b.     Syaitan dan apa saja yang disembah selain dari Allah s.w.t.
c.      Pohon-pohon yang sudah berumur tua
d.     Raja-raja pada zaman jahiliyah
e.      Pengikut nabi yang ingkar kepadanya
8.     Nabi Nuh menyeru umatnya untuk beribadah hanya kepada Allah Swt. ketika umatnya menyembah berhala. Berhala yang dimaksud adalah sebagai berikut, kecuali...
a.      Wudd
b.     Suwa
c.      Yagus
d.     Yauq
e.      Yasr
9.     Syirik adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh Allah Swt.. Jika syirik itu tetap dilakukan padahal sebelumnya sudah melakukan banyak sekali amal kebajikan, maka kerugian akan dirasakan sendiri oleh manusia. Kerugian yang dimaksud adalah...
a.      Amalnya akan menjadi tabungan nanti di akhirat
b.     Amalnya bisa ditasarrufkan kepada saudaranya
c.      Amalnya akan menjadi amal yang sia-sia
d.     Amalnya akan menjadi penebus dosanya
e.      Amalnya tetap akan ditimbang oleh Allah
10.  Kaum musyrikin Quraisy sebenarnya sudah tahu tentang ajaran tauhid Nabi Muhammad saw, namun tetap saja mereka menyembah berhala. Ini dikarenakan oleh...
a.      Kesombongannya
b.     Hatinya sudah tertutup
c.      Ketakutannya kepada Nabi Muhammad
d.     Karena harga diri
e.      Karena mengagungkan nasabnya
11.  Di antara hal-hal yang bisa dilakukan agar kita bisa terhindari dari keterjerumusan kepada perilaku syirik adalah dengan cara menegakkan salat, karena salat itu...
a.      Bisa menambah tabungan pahala
b.     Bisa mencegah kepada perbuatan keji dan munkar
c.      Bisa menambah ketenangan hidup
d.     Perintah Allah yang harus dikerjakan
e.      Sesuatu yang tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apapun juga
16.  Menjaga agar hati ini selalu tenang dan berada dalam suasana kontak batin dengan sang Khaliq bisa dilakukan dengan cara...
                     a.     Banyak beramal kebajikan
                    b.     Sering melakukan sadaqah
                     c.     Menolong orang lain yang membutuhkan
                    d.     Selalu ingat akan Allah di manapun berada
                     e.     Selalu menjadi teman yang baik
17.  Seorang yang dengan jujur mengucapkan pujian yang tinggi mengenai kebenaran al-Quran yang dibaca oleh Nabi Muhammad saw adalah
a.      Abu Jahl
b.     Akhnas bin Syurais
c.      Walid bin al-Mughirah
d.     Abu Sufyan
18.  Salah satu yang bisa dilakukan agar seseorang terhindar dari perbuatan syirik adalah...
a.      rajin ke masjid
b.     rajin mengamati ciptaan Allah
c.      rajin membina diri sendiri
d.     rajin mengingat Allah
e.      rajin silaturahim

Catatan: Skor jawaban benar tiap item soal 5

  1. Uraian Singkat
Catatan: Skor jawaban benar tiap item soal 20

  1. Essay
Catatan: Skor jawaban benar tiap item soal 20

4. Portofolio dan Penilaian Sikap
Skor penilaian sebagai berikut:
a. Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
b. Jikapesertadidikdapatmengumpulkantugasnyasetelahwaktuyangditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
c. Jikapesertadidikdapatmengumpulkantugasnyasetelahwaktuyangditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya  sedikit ada kekurangan, nilai 80.

I. Pengayaan
Pesertadidikyangsudahmencapai ketuntasan belajar,mengerjakan:
        a.    Membuat kliping tentang praktik syirik dan menganalisis
       b.    Menjawab soalpengayaanyangtelah disiapkan oleh guru berkaitan dengan syirik
(Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik  yang berhasil dalam pengayaan).

J. Remedial
Peserta didik yang belum memenuhi ketuntasan belajar diberikan tugan untuk menyusun pertanyaaan dan menanyakan jawaban kepada teman sebaya, setelah menemukan jawaban dari teman sebaya, diberikan kesempatan untuk bertanya jawab dengan guru tentang materi “Syirik dilaksanakan pada waktu dan  hari tertentu atas kesepakatan anatara peserta didik dan guru,



K. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom“Ayo Berlatih”dalam buku teks kepadaorang tuanya dengan memberi paraf. Cara lainnya dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun melalui telepon, tentang perkembangan perilaku anaknya.

Postingan populer dari blog ini

RPP Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013 Kelas VIII Lengkap dan Rapi

RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 5

RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 7