RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 3



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia untuk Anda dan selamat mencontohnya!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah/Madrasah      : Sekolah
Mata Pelajaran                       : Aqidah Akhlaq
Kelas/Smt                               : Sepuluh (X) / Ganjil
Materi Pokok                         : Akhlaq Islamiyah
Alokasi Waktu                       : 2x45 Menit


A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1 :  menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai. Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3:  memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena   kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4:  mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar
1.3. :  Menghayati akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya
2.3. :  Terbiasa menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan
3.3. :  menganalisis akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya
4.3. :  Mempraktikkan metode-metode  peningkatan kualitas akhlak dalam Islam

C. Indikator Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian akhlaq
2. Siswa dapat menyebutkan dalil-dalil yang berhubungan dengan akhlaq Islam
3. Siswa dapat menjelaskan akhlaqdalam konsep Islam
4. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri akhlaq Islam
5. Siswa dapat menyebutkan metode-metode peningkatan kualitas  akhlaq Islamiyah

D. Tujuan Pembelajaran
1.     Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat merumuskan  pengertian  akhlaq, menunjukkan  dalil-dalil akhlaq Islam,  menjelaskan akhlaq dalam konsep Islam
2.     Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri akhlaq Islam menyebutkan metode-metode peningkatan  kualitas akhlaq Islam dan membiasakan meningkatkan kwalitas akhlaq.

E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.   Pengertian akhlak
Secara istilah, akhlak adalah suatu keadaan yang melekat pada jiwa manusia, yang daripadanya lahir perbuatan-perbuatan yang mudah, tanpa melalui proses pemikiran, pertimbangan atau penelitian. Jika keadaan (hal) tersebut melahirkan perbuatan yang baik dan terpuji menurut pandangan akal dan syarak (hukum Islam), disebut akhlak yang baik..
2.   Macam-Macam akhlak
a.    Norma Sekuler(akhlak wad’iyyah)
b.   Norma Keagamaan  (akhlak Islamiyah)
3.   Cara Meningkatan Kualitas Akhlak
a.    Melalui perumpamaan (tamtsil)
b.   Melalui keteladanan (uswatun hasanah)
c.    Melalui Latihan dan Pengamalan
d.   Melalui Ibrah dan Mau’idhah
4.   ciri-ciri akhlak Islami adalah:   1)   Kebaikannya bersifat mutlak (al-khairiyah al-mutlaqah),2)   Kebaikannya bersifat menyeluruh (al-salahiyyah al-ammah),3)  Tetap, langgeng dan mantap,4)  Kewajiban yang harus dipatuhi (al-ilzam al-mustajab),5)   Pengawasan yang menyeluruh (ar-raqabah al-muhita
E.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.  Diskusi,membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.  Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.  Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah, mencari bahan bacaan tentang tujuan dan fungsi al-Qur’an diturunkan, kemudian mesume dan memberikan komentar seperlunya.

 F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.  Media
Gambar tentang para warga yang sedang melakukan  bhakti sosial, pengobatan warga gratis, para santri sedang mengaji Al-Qur’an
2.  Alat/Bahan
- Laptop, LCD Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
-  Buku Ajar siswa Akidah Akhlak Kelas X
-  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
-  Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah Akhlak

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
10’

1)     Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa

2)     Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas

3)     Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan

4)     Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari

5)     Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’

1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi empat kelompok dan membagikanempatgambar yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk mengamati gambar  sesuai dengan tema serta perenungannya pada kolom “mari Mengamati “


2)     Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi pembelajaran.


3)  Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau internet dan mendiskusikan isi materi yang sudah didapatkan


4)  Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari dan menyimpulkanya


5)  Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah diperbaiki di papan pajangan

Kegiatan Menutup
15’

1)     Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran


2)      Guru memberikan penguatan materi ajar


3)      Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “metode peningkatan kualitas akhlaq


4)      Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis


PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan  : …………………..
Materi Pokok              : …………………..
No
Aspek Pengamatan

1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi




4
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan




5
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar




Jumlah Skor










LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR

Nama Peserta Didik    :………………….
Kelas                           :………………….
Materi Pokok              :………………….
Tanggal                       :………………….
PETUNJUK
        Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
        berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan




2
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya




3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang




4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan




5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain




Keterangan :
      SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  yang diberikan
      SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
      KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
      TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan

Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)

Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
                   kadang-kadang tidak melakukan
            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
                   sering tidak melakukan
            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai       : ………………….
Kelas                                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan                          : …………………..
Materi Pokok                                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Masuk kelas tepat waktu




2
Mengumpulkan tugas tepat waktu




3
Memakai seragam sesuai tata tertib




4
Mengerjakan tugas yang diberikan




5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran




6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran




Jumlah Skor




Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



Contoh :  Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
X 4 = 3.33
 
14
24                                Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33

LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1.  Jelaskan pengertian akhlaq islamiyah!
2. Jelaskan pengertian akhlaq Islam menurut pendapat ulama..?
3.  Terangkan konsep akhhlaq dalam islam serta tulis dalil yang terkait dengan akhlaq …?
4.  Sebutkan macam-macam akhlaq dan Diskripsikan ciri-ciri akhlaq  Islamiyah…...?
5.  Jelaskan dengan contoh metode-metode  peningkatan kwalitas akhlaq ..?

























LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)

Kelas: ............................
Nama: ............................
Topik: ..........................

No

Materi Yang Harus Dikuasai
Aspek Penilaian
Catatan
Lancar
Fasih
Intonasi
Ekpresi

1
Menghafal Ayat  tentang akhlaq





2
Menghafal Doa bercermin





3
Menghafal DoaBirrul Walidain





4
Menghafal Doa Mau Belajar





5
Melafalkan haditst tentang akhlaq





Jumlah Nilai





Pedoman penskoran :
        5 = sangat baik
        4 = baik
        3 = cukup
        2 = kurang

Postingan populer dari blog ini

RPP Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013 Kelas VIII Lengkap dan Rapi

RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 5

RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 7