RPP Aqidah Akhlak MAN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Pertemuan 3
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan oleh semua guru bidang studi termasuk guru bidang studi AQIDAH AKHLAK sehingga RPP AQIDAH AKHLAK Kurikulum 2013 atau RPP AQIDAH AKHLAK K13 sangat
dibutuhkan oleh banyak guru untuk menunjang aktivitas mereka belajar
selama di dalam kelas. Maka untuk itu kami menyarankan untuk Anda Download RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN BAGUS karena
akan membuat guru nyaman dan mengajar dan anak-anak akan mencapai hasil
belajar yang maksimal sesuai yang diinginkan. RPP lengkap ini tersedia
untuk Anda dan selamat mencontohnya!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah/Madrasah : Sekolah
Mata
Pelajaran : Aqidah
Akhlaq
Kelas/Smt : Sepuluh (X) / Ganjil
Materi
Pokok : Akhlaq
Islamiyah
Alokasi
Waktu : 2x45 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1
: menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2: mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong , kerjasama, cinta damai.
Responsip dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
KI-3: memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena kejadian memecahan serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4: mengolah ,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan
mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.3. : Menghayati
akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya
2.3. : Terbiasa
menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan
3.3. : menganalisis akhlak Islam dan metode
peningkatan kualitasnya
4.3. : Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam Islam
C. Indikator Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan
pengertian akhlaq
2. Siswa dapat menyebutkan
dalil-dalil yang berhubungan dengan akhlaq Islam
3. Siswa dapat menjelaskan akhlaqdalam konsep Islam
4. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri akhlaq Islam
5. Siswa dapat menyebutkan
metode-metode peningkatan kualitas akhlaq Islamiyah
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah
mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, siswa dapat
merumuskan pengertian akhlaq, menunjukkan dalil-dalil akhlaq Islam, menjelaskan
akhlaq dalam konsep Islam
2.
Setelah
mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri akhlaq Islam menyebutkan
metode-metode peningkatan kualitas
akhlaq Islam dan membiasakan meningkatkan kwalitas akhlaq.
E. Materi
Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1. Pengertian akhlak
Secara istilah, akhlak
adalah suatu keadaan yang melekat pada jiwa manusia, yang daripadanya lahir
perbuatan-perbuatan yang mudah, tanpa melalui proses pemikiran, pertimbangan
atau penelitian. Jika keadaan (hal) tersebut melahirkan perbuatan yang baik dan
terpuji menurut pandangan akal dan syarak (hukum Islam), disebut akhlak yang
baik..
2. Macam-Macam akhlak
a. Norma
Sekuler(akhlak wad’iyyah)
b. Norma
Keagamaan (akhlak Islamiyah)
3.
Cara
Meningkatan Kualitas Akhlak
a. Melalui perumpamaan (tamtsil)
b. Melalui keteladanan (uswatun hasanah)
c. Melalui Latihan dan Pengamalan
d. Melalui Ibrah
dan Mau’idhah
4. ciri-ciri akhlak Islami adalah: 1) Kebaikannya bersifat mutlak (al-khairiyah al-mutlaqah),2) Kebaikannya bersifat menyeluruh (al-salahiyyah al-ammah),3) Tetap, langgeng dan mantap,4) Kewajiban yang harus dipatuhi (al-ilzam al-mustajab),5) Pengawasan yang menyeluruh (ar-raqabah al-muhita
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan
Pembelajaran)
1. Diskusi,membagi siswa
dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang
siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi
juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan
didepan kelas.
2. Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar, setiap
bangku diberikan tiga pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi
mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya
didepan kelas.
3. Resitasi: guru
memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mengakses internet dirumah,
mencari bahan bacaan tentang tujuan dan fungsi al-Qur’an diturunkan, kemudian
mesume dan memberikan komentar seperlunya.
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar tentang
para warga yang sedang melakukan bhakti sosial,
pengobatan warga gratis, para santri sedang mengaji Al-Qur’an
2. Alat/Bahan
- Laptop, LCD
Proyektor, Slide
3.
Sumber Belajar
- Buku Ajar siswa Akidah Akhlak
Kelas X
- Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya
- Modul hasil karya Musyawarah Guru Akidah
Akhlak
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1)
Mengajak
semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa
|
||
2)
Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan
tentang kehadiran siswa
serta kebersihan kelas
|
||
3)
Guru
mengajak siswa tadarrus
bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan
|
||
4)
Guru
menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari
|
||
5)
Guru
mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar
|
||
Kegiatan Inti
|
65’
|
|
1). Mengamati
Guru membagi kelas menjadi empat kelompok dan membagikanempatgambar yang berbeda
Guru mempersilahkan siswa untuk
mengamati gambar sesuai dengan
tema serta perenungannya pada kolom “mari Mengamati “
|
||
2)
Menanya
Siswa disilahkan bertanya pada teman lain
atau bertanya secara langsung pada guru, terkait dengan gambar ataupun materi
pembelajaran.
|
||
3)
Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
Masing-masing
kelompok membaca materi atau mencari materi di buku lain atau
internet dan mendiskusikan isi materi
yang sudah didapatkan
|
||
4)
Mengasosiasi
Siswa bersama anggota kelompoknya diminta
untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan
dengan kehidupan sehari-hari dan menyimpulkanya
|
||
5)
Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya didepan kelas dan memajang hasil kesimpulan diskusi yang sudah
diperbaiki di papan pajangan
|
||
Kegiatan Menutup
|
15’
|
|
1)
Siswa
menyimpulkan hasil pembelajaran
|
||
2)
Guru
memberikan penguatan materi ajar
|
||
3)
Guru
memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “metode
peningkatan kualitas akhlaq”
|
||
4)
Guru
bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
|
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut
:
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam sebelum dan
sesudah presentasi
|
||||
4
|
Menyatakan kekaguman atas kebesaran Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar
|
||||
Jumlah Skor
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik :………………….
Kelas :………………….
Materi Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
berilah tanda cek
(√)sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan
sumbernya
|
||||
3
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan
barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat
jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL = Selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan yang
diberikan
•
SR = Sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
•
KD = Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan sesuai pernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa
buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh : Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
|
24 Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor <
1.33
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1.
Jelaskan
pengertian akhlaq islamiyah!
2.
Jelaskan pengertian akhlaq Islam menurut pendapat ulama..?
3. Terangkan
konsep
akhhlaq dalam islam serta tulis dalil yang terkait dengan akhlaq …?
4. Sebutkan macam-macam akhlaq dan Diskripsikan ciri-ciri akhlaq Islamiyah…...?
5. Jelaskan
dengan contoh metode-metode peningkatan kwalitas
akhlaq ..?
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas:
............................
Nama:
............................
Topik:
..........................
No
|
Materi Yang Harus Dikuasai
|
Aspek Penilaian
|
Catatan
|
|||
Lancar
|
Fasih
|
Intonasi
|
Ekpresi
|
|||
1
|
Menghafal
Ayat tentang
akhlaq
|
|||||
2
|
Menghafal Doa bercermin
|
|||||
3
|
Menghafal DoaBirrul
Walidain
|
|||||
4
|
Menghafal Doa Mau Belajar
|
|||||
5
|
Melafalkan haditst
tentang akhlaq
|
|||||
Jumlah Nilai
|
Pedoman penskoran :
•
5
= sangat baik
•
4
= baik
•
3
= cukup
•
2
= kurang